Beranda Pendidikan

Guru Harus Melek Digital

ADAPTASI: Guru memberikan pengajaran di salah satu sekolah.

JAKARTA–RADAR BOGOR, Peranan guru di era teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mengalami perubahan. Dulu, guru adalah pendidik dan tempat bertanya segala hal. Saat ini, selain berperan sebagai pendidik dan pengajar, guru juga berfungsi sebagai penyaring informasi bagi siswa-siswanya.

”Di tengah kemajuan TIK ini, guru berperan penting sebagai penjaga gawang atau gatekeepers, yang membantu menepis pengaruh buruk internet dan media sosial bagi siswa-siswanya,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, Sabtu (24/3).

Menurut dia, fungsi guru sebagai pengajar sangat mungkin digantikan dengan berbagai fasilitas TIK, misalnya mesin pencari di internet. Namun peran guru sebagai pendidik tidak mungkin bisa digantikan dengan teknologi apa pun.

”Jangan sekali-kali menjadikan fasilitas TIK untuk menggantikan peran guru sebagai pendidik,” ujarnya.

Dia menyebut era saat ini sebagai sumber belajar melimpah ruah, tapi tetap perlu disaring. Saat ini guru berperan penting sebagai penghubung sumber-sumber belajar (resource linkers) dan mengarahkan siswanya di mana menemukan sumber belajar yang tepat.

Kemudian, guru perlu mengembangkan diri sebagai fasilitator belajar siswa, dan fasilitas TIK berperan penting untuk mengoptimalkan proses belajar di era saat ini.

”Guru harus bisa membimbing dan memberikan pemahaman kepada siswa mengenai ‘untuk apa’, bukan sekadar ‘apa’ dan ‘bagaimana’,” tutur mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang tersebut.

Mendikbud juga mengingatkan bahwa perkembangan TIK memiliki dua sisi yang berlawanan, yaitu sisi positif dan negatif.

”TIK sudah menjadi bagian dari kehidupan. Karena itu, jangan hanya melihat sisi positifnya,” tambah Muhadjir.(esy/jpnn)

Baca Juga