Beranda Metropolis

Ajak Warga Awasi Peredaran Narkoba

BERBAGI
CEGAH: Warga Rumah Hijau Bale Puspaga Raya Permai foto bersama usai acara seminar.

BOGOR–RADAR BOGOR, Penyebaran narkoba saat ini merupakan masalah terbesar di lingkungan masyarakat. Untuk itu, warga juga harus ikut serta. Seperti yang dilakukan warga Perumahan Bogor Permai, Curug, akhir pekan lalu.

Mereka melakukan sosialisasi dan seminar pencegahan bahaya narkoba di Bale Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga). Ketua LPM Curug, Himawan Satyaputra mengatakan, seminar sudah sering dilakukan, hanya untuk pencegahan dan bahaya narkoba merupakan yang pertama.

Kegiatan tersebut sebagai wujud peran serta masyarakat Perumahan Bogor Permai, khususnya RW 013, untuk memerangi dan mencegah peredaran narkoba lebih luas.

“Lebih mempersiapkan warga khususnya orang tua agar bisa mengawasi anak-anak. Terpenting, orang tua bisa lebih cepat tanggap akan gejala, bentuk, dan jenis narkoba,” ujarnya kepada Radar Bogor, di sela seminar.

Himawan menambahkan, kegiatan itu merupakan dukungan warga terhadap pemerintah yang ingin mematikan mata rantai peredaran narkoba. Warga tidak hanya menjadi pengawas dalam keluarga masing-masing tapi juga di lingkungan sekitarnya.

“Bisa jadi security untuk warga semuanya. Karena security lebih banyak, pengedar pasti akan susah gerak,” tambah pria yang disapa Him ini. Karena peserta dari ketua RT, RW, DKM, LPM, akan ada penyampaian informasi secara berantai.

Sementara itu, perwakilan  BNN Kabu­paten Bogor, Gantara Lenggana menutur­kan, dengan banyaknya sosialisasi bahaya narkoba akan lebih baik dan dapat membantu lembaga serta dinas terkait. Tidak hanya memutuskan rantai peredaran narkoba, tapi juga bisa langsung mengawasi anak-anak sebagai salah satu target pengedar.(mer/c)

Baca Juga