Beranda Berita Utama

Sehari, 30 Warga Bogor Terjangkit TBC

BERBAGI
ilustrasi

BOGOR-RADAR BOGOR,Tuberkulosis atau TBC masih menjadi penyakit menakutkan. Selain termasuk salah satu penyakit paling mematikan di dunia, penyebaran TBC juga cukup mengkhawatirkan. Di Bogor, setiap hari rata-rata ada 30 warga terjangkit penyakit menular itu.

Peringatan Hari TBC Se­dunia yang jatuh pada hari ini (24/3) dapat menjadi refleksi tersendiri bagi warga Bogor. Data yang dihimpun Radar Bogor, dalam kurun waktu seta­­hun di 2017, ada 11.272 pen­derita TBC baru di wilayah Bogor. Artinya, dalam sehari ada 30 orang yang terjangkit virus TBC.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian (P2P) pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Lindawati menjelaskan bahwa Indonesia merupakan negara terbesar kedua setelah India yang masyarakatnya terjangkit virus TBC.

“Penyakit yang sangat mudah menular. Satu pasien TB potensi menularkan ke 10 atau 15 orang di sekitarnya. Saat ada percikan air liur,” jelasnya kepada Radar Bogor, kemarin (23/3).

Berdasarkan data yang dimilikinya, selama 2017 saja di wilayah Kota Bogor ada 1.188 orang yang tertular virus TBC. Jumlah tersebut melebihi target Dinkes Kota Bogor di 2017 yang hanya 1.096 kasus. Artinya, penemuannya mencapai 108,3 persen dari yang ditargetkan Dinkes Kota Bogor. Baca selengkapnya di Epaper Radar Bogor hari ini

Komentar Anda

Baca Juga