25 radar bogor

Sanksi Tilang Ganjil-Genap Mulai Berlaku Pekan Depan

Pintu Tol Bekasi Barat (dok.Jawapos)

BEKASI–RADAR BOGOR,Masa sosialisasi kebija­­kan ganjil-genap di ruas Tol Jakarta-Cikampek, khususnya Ger­bang Tol (GT) Bekasi Barat dan GT Bekasi Timur, akan berakhir pekan ini.

Setelah masa sosialisasi, masya­rakat pun diimbau untuk tetap me­naati aturan tersebut karena mulai pekan depan, tepatnya pada Senin (26/3), penilangan terhadap kendaraan yang melanggar akan diterapkan. Selama sepuluh hari diterapkan sejak 12 Maret lalu, PT Jasa Marga Tbk menyebut kepadatan lalu lintas pada jam-jam sibuk berkurang.

”Kepadatan sudah menurun, distribusi kendaraan jauh lebih baik, masyarakat bisa menggunakan jalur alternatif seperti non-tol, Tol Cikunir, atau Tol Tambun, dan seterusnya,” kata Humas Jasa Marga Cabang Tol Jakarta-Cikampek, Jumat (23/3).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, ada perubahan perilaku positif pengemudi dan penumpang menyusul diberlakukan nomor ganjil-genap.

”Dari hasil evaluasi sudah diperoleh ada perubahan perilaku seperti adanya perpindahan keberangkatan lebih pagi sebesar enam hingga sebelas persen,” kata Menhub beberapa waktu lalu.(kub/gob)