Beranda Olahraga Arena

Masuk Grup Neraka

BERBAGI
KESULITAN: Anthony Sinisuka Ginting melakukan smash. Anthony akan memperkuat tim Indonesia di Piala Thomas 2018.

BANGKOKRADAR BOGOR, Perjuangan Indonesia di Piala Thomas 2018 langsung dihadang ujian berat. Dalam drawing grup di Bangkok, Kamis (22/3) malam, Indonesia masuk Grup B, diundi satu pul dengan Korea, Thailand, serta Kanada.

Sementara juara bertahan Denmark, di Piala Thomas 2018 ini berada di Grup D, satu pul dengan Malaysia, Rusia dan Alzajair. Di Grup A, ada unggulan pertama, Tiongkok yang satu pul dengan India, Prancis dan Australia.

Begitu juga dengan tim putri Indonesia. Dari hasil undian, mereka  tak mendapat lawan yang ringan. Fitriani dkk segrup dengan juara bertahan Tiongkok di Pul D. Indonesia akan meladeni Tiongkok, Malaysia dan Prancis untuk dua tiket perempat final.

Selain Pul D, undian grup Piala Uber 2018 juga menghasilkan pertemuan Jepang dan India di Grup A, Korea dan Denmark di Grup C dan Thailand segrup dengan Taiwan di Grup B. Perhelatan Piala Thomas dan Uber 2018 akan digelar di Bangkok, 20 hingga 27 Mei nanti.

Sementara, Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) khawatir dengan penampilan tim Indonesia, khususnya di sektor tunggal. Berkaca dari All England 2018, sektor tunggal memang tidak tampil sesuai harapan. Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie di nomor putra, serta Fitriani di nomor putri tidak bermain memuaskan.

Ginting belum bisa tampil konsisten sebagai layaknya seorang juara meski baru saja menjuarai Indonesia Masters 2018. Begitu pun Jojo yang tidak bisa meneruskan tren positifnya di Kejuaraan Asia Beregu 2018 yang tidak menelan satu kekalahan pun.

Fitriani juga masih terus berkutat dengan dirinya sendiri lantaran tidak pernah lolos dari babak kedua pada sederet turnamen yang ia ikuti tahun ini.

”Memang PR yang cukup berat ada di tunggal, baik tunggal putra maupun putri. Di All England kemarin, Ginting belum bisa mengatasi seniornya (Tommy Sugiarto, Red) dan juga Jojo yang tampil begitu dominan di Kejuaraan Asia Beregu kemarin harus kalah di babak kedua,” kata Sekjen PBSI Achmad Budiharto.

Evaluasi, menurut Budiharto, perlu dilakukan di sektor ganda putri sebelum Piala Thomas dan Uber 2018 bergulir. Hal ini menyusul kegagalan semua sektor ganda putri di Birmingham pekan lalu.(adk/jpnn/jpg)

Komentar Anda