Beranda Olahraga All Sport

Selamat dari Krisis

BERBAGI
REUTERS
ROAD TO PIALA DUNIA: Trofi Piala Dunia 2018 saat tiba di Dubai. Piala ini akan dibawa melalui beberapa negara untuk menyapa warga dan pecinta sepak bola.

CAIRO–RADAR BOGOR, Lima negara Afrika, yakni Mesir, Tunisia, Senegal, Nigeria, dan Maroko tak mendapat jalan yang mudah menuju Piala Dunia 2018. Selain harus bersaing di lapangan, mereka juga harus menghadapi krisis ekonomi dan permasalahan di federasi masing-masing dalam beberapa tahun terakhir.

Bahkan, mereka terancam didiskua­lifikasi sejak babak kualifikasi dua tahun lalu. Itu merupakan imbas dari rendahnya harga minyak negara mereka yang berimbas kepada minimnya pem­biayaan bagi John Obi Mikel dkk.

Nah, setelah berjuang keras dengan biaya seadanya, lima negara tersebut berhak ke Rusia. Namun, di Rusia nanti mereka juga bergantung kepada sumber dana lainnya selain gaji dari federasi. Ya, bonus.

’’Sudah ada kesepakatan mengenai hal tersebut (bonus, red). Bahkan, hal tersebut tidak hanya diberikan saat event berlangsung, termasuk beberapa agenda uji coba sebelum Piala Dunia digelar,’’ ujar wakil presiden NFF (Federasi Sepak Bola Nigeria) kepada AFP.

Satu negara lainnya yang juga bergantung kepada besarnya bonus adalah Mesir. Bahkan, atas prestasinya menembus putaran final Piala Dunia yang kali ketiga itu,  mereka diguyur berbagai macam bonus.

Yang pertama berasal dari menteri pemuda dan olahraga Mesir Khaled Abdel Aziz yang dijanjikan EGP 1,5 juta (sekitar Rp1,17 miliar) per pemain. Bahkan, jutawan Mesir Ahmed Abou-Hashima bersedia merogoh kocek pribadinya sebesar EGP 5 juta (sekitar Rp3,9 miliar).(io)

Baca Juga