25 radar bogor

Geber Infrastruktur Pedesaan

DIKAWAL: Jaro Ade dikawal kaum ibu Sukajaya pada kunjungannya kemarin (22/3).

BOGOR–RADAR BOGOR,Setelah blusukan ke pelosok-pelosok desa, calon wakil bupati Bogor, Ingrid Kansil mengaku telah me­ngantongi berbagai persoa­lan dan aspira­si masyarakat. Di antaranya, persoalan infra­struktur, pen­didikan, hingga kurangnya pember­dayaan perempuan.

’’Pendidikan di Kabupaten Bogor masih banyak yang tert­inggal. Banyak anak-anak yang putus sekolah. Rata-rata mereka hanya bersekolah hingga bangku SMP. Ini yang saya soroti,’’ ujar calon bupati yang mendampingi Ade Ruhandi tersebut, kemarin (22/3).

Selain itu, kata Ingrid, dirinya juga melihat bahwa pem­ber­dayaan kaum perempuan masih sangat kurang. Ka­re­nanya, ia bersama Ade Ruhandi sudah merumuskan kebijakan melalui program tujuh pilar. Salah satunya, bantuan UMKM yang bisa diberikan untuk setiap desa sehingga bisa meng­ha­silkan produk unggulan yang dilakukan oleh kaum ibu.

’’Terkait dengan pember­dayaan perempuan akan disesuaikan dengan potensi yang ada di desa tersebut sehingga mereka bisa lebih produktif,’’ ujarnya.

DIKAWAL: Jaro Ade dikawal kaum ibu Sukajaya pada kunjungannya kemarin (22/3).

Untuk menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Bogor, Ingrid berkomitmen membentuk kerja sama dengan perusahaan-perusahaan agar memprioritaskan pegawai yang berdomisili di Kabupaten Bogor.
’’Kami tidak ingin ma­syarakat Kabupaten Bogor hanya menjadi penonton, ini yang salah satu kami wacana­kan ke depan dengan men­dorong komitmen dari pe­rusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Bogor ini dalam hal sisi perekrutan,’’ ungkapnya.

Ke depannya, ada pula satu pilar untuk menambah pagu ang­garan desa. Tentu dari pagu tersebut seharusnya bisa mem­berikan solusi terhadap kurang­nya pemerataan infrastruktur desa. Sehingga tidak ada lagi desa terisolasi, jalan yang kurang baik, serta angkutan umum yang kurang mendukung.

’’Kalau akses angkutan umum tidak ada, produk yang dihasil­kan dari pemberdayaan pem­bangunan ekonominya juga tidak akan terbawa, sehingga akan jalan di tempat,’’ pungkasnya.(gal/c)