Beranda Pendidikan

USBN Bisa Jadi Referensi Kelulusan

BERBAGI
SERIUS: Siswa SMK Al Asiyah Cibinong tengah mengerjakan soal USBN yang diselenggarakan di sekolah.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Sebanyak 261 siswa SMK Al Asiyah Cibinong dari empat jurusan melaksa­na­kan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) yang dimulai serentak, kemarin (19/3). Empat jurusan tersebut di anta­ra­nya: Teknik Komputer Jari­ngan (TKJ), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Multimedia, dan Perbankan Syariah.

Kepalak SMK Al Asiyah Ci­binong Samsul Anwar me­ngatakan, seluruh siswa SMK Al Asiyah dipersiapkan betul dalam menghadapai USBN disekolahnya. Sebab, kelulusan USBN me­miliki andil dalam menentukan kelulusan. Meskipun penen­tuan kelu­lusan USBN tersebut diserahkan ke sekolah dalam menentukan standar minimal kelulusan.  

”Siswa yang ber­dasar­kan hasil rapat memenuhi standar minimal kelulusan baru bisa di­nya­takan lulus,” tambahnya.

Namun, sekolah SMK Al Asiyah Cibinong me­miliki stan­dar kelulusan bukan hanya dilihat dari prolehan nilai saja tapi juga karakter.

”Perilaku atau kepribadian siswa itu sendiri baik atau tidak­nya kami lihat. Itu yang lebih penting di tahun ini untuk menentukan kelulusan,” beber Samsul.

Adapun nanti kebijakan dari satuan pendidikan, ditentukan dari hasil mus­yawarah rapat dan masukan dari berbagai elemen, baik dari komite sekolah ataupun dari dewan guru.

”Makanya tahun ini sekolah punya kewenangan, punya hak, bisa menentukan siswa A atau B lulus atau tidak. Walaupun di ijazah nilai UNBK-nya mencukupi nilai standar minimal kelulusan, tetapi sekolah bisa menyatakan bahwa siswa tersebut tidak bisa dinyatakan lulus 100 persen karena etika atau karakternya tidak baik,” tukasnya.(cr1/c)

Komentar Anda

Baca Juga