Beranda Berita Utama

Sungai Cikalong-Cidurian Tercemar Limbah Pabrik, Begini Penampakannya

BERBAGI
TERCEMAR: Aliran sungai Cikalong-Cidurian nampak hitam pekat lantaran diduga tercemar limbah pabrik sawit, Rabu (21/3/2018). Foto Andi/Radar Bogor

JASINGA-RADAR BOGOR, Untuk kesekian kali selama tiga tahun terakhir, sebagian besar masyarakat Kecamatan Cigudeg dan Jasinga diguyur limbah bau kotoran pabrik sawit di Desa Mekarjaya, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor.

“Kami kaget saat mendapat laporan dari ibu-ibu yang biasa ke sungai, katanya limbah datang lagi,” ujar tokoh pemuda Kampung Kalong Dagul, Desa Kalong Sawah, Kecamatan Jasinga, Adi Yanto kepada Radar Bogor, Rabu (21/3/2018).

Adi mengatakan, medio Januari 2017, limbah sempat menutupi Sungai Cikalong dan Cidurian yang tembus ke Kota Jasinga. Akibatnya, sungai tak bisa dimanfaatkan untuk sekadar MCK.

Meski aparat sempat turun tangan setelah peristiwa itu, namun kenyataanya limbah tetap dibuang dengan kondisi hitam pekat hingga sekarang. Sebagai informasi, pabrik sawit ini sudah beroperasi sejak 2013.

Pabrik ini terletak di puncak pegunungan kecil perkebunan sawit. Sedangkan Sungai Cikalong persis berada di bawahnya. Sungai ini mengalir dari Toge Bujang, Cikalong, Mede, Tarikilot Desa Mekarjaya.

Lalu tembus ke Kalong Dagul, bermuara di Sungai Cidurian Kalong Sawah, mengalir ke Parungsapi, Muncang, Sipak hingga Jasinga dan ke arah perbatasan Tangerang. Tak hanya itu, banyak pondok pesantren yang memanfaatkan sungai ini untuk mandi dan berwudu.

Mereka pun ikut kena imbasnya. “Bupati tolong segera ambil tindakan, sebelum warga bergerak. Kami masih baik hati, tapi sepertinya sekarang ini sudah tidak bisa ditolerir lagi. Tidak bisa dimaafkan lagi,” jelasnya.

Hingga berita ini diturunkan, pengelola pabrik belum bisa dimintai keterangan. Radar Bogor sudah berusaha mengkonfirmasi pihak pabrik terkait dugaan pencemaran sungai yang mereka lakukan.(*/aan)

Baca Juga