Beranda Olahraga Kickers

Piala Dunia Aman!

REUTERS
ROAD TO PIALA DUNIA: Trofi Piala Dunia 2018 saat tiba di Dubai. Piala ini akan dibawa melalui beberapa negara untuk menyapa warga dan pecinta sepak bola.

NYON–RADAR BOGOR, Presiden FIFA Gianni Infantino menegaskan bahwa Piala Dunia 2018 bakal berjalan aman. Hal itu setelah Rusia sebagai tuan rumah lewat Presiden Vladimir Putin, berkomitmen untuk menjamin keamanan selama berlangsungnya Piala Dunia 2018 di tengah kekhawatiran akan adanya bentrokan antarsuporter.

Bukan rahasia lagi, setiap hajatan besar di sepak bola adalah munculnya kerusuhan antar pendukung masing-masing tim. Hooliganisme di sepak bola memang tak serta merta hilang.

Kelompok suporter garis keras atau Ultras selalu mencari celah untuk berbuat onar. Terkait hal itu, otoritas Rusia sudah mengan tisipasinya.

Mereka akan menerjunkan pihak keamanan dalam jumlah yang memadai untuk membatasi ruang gerak antar kelompok suporter. Baik di dalam stadion maupun di luar. Selain itu, bakal ada penjagaan ketat di sekitar tempat menginap suporter garis keras.

”Piala Dunia 2018 bukan ajang ‘perang’ antarsuporter. Anda akan melihat bahwa kami akan mengadakan pesta sepak bola dan jika ada yang ingin berbuat masalah, mereka justru yang akan menghadapi masalah,” jelas Infantino seperti dilansir Fifa.com.

”Rusia sangat berkomitmen untuk menggelar Piala Dunia secara aman dan nyaman,” imbuh Infantino.

Ada kekhawatiran bahwa kerusuhan bisa meletus antara Ultras, terutama penggemar Rusia dan Inggris. Seperti diketahui, kedua kelompok suporter ini terlibat bentrok pada Euro 2016 di Prancis.

Infantino menegaskan bahwa langkah yang dipersiapkan Rusia saat ini untuk mengantisipasi terjadinya kerusuhan antarsuporter layak diacungi jempol. Bahkan, Infantino melihat persiapan Rusia yang maksimal berbeda dengan tuan-tuan rumah hajatan besar sepak bola sebelumnya.

”Saya memiliki sedikit pengalaman dalam menggelar acara besar dan saya harus mengatakan bahwa saya belum pernah melihat tingkat persiapan, terutama dalam keamanan, yang dilakukan Rusia di tempat lain,” ungkap Infantino.

Piala Dunia 2018 yang berlangsung dari 14 Juni sampai 15 Juli diharapkan bisa menarik penggemar dari seluruh dunia. Penonton tidak memerlukan visa untuk datang ke Rusia. (jpg)

Baca Juga