Beranda Pendidikan

Pelajar SMAN 6 Jadi Mojang Jajaka Remaja Kabupaten Bogor

BANGGA: Gisela Belicia Alma Thesalonica Silalahi dan Abi Dzar Al Ghifari terpilih menjai Moka Remaja Kabupaten Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, Gisela Belicia Alma Thesalonica Silalahi dan Abi Dzar Al Ghifari berhasil jadi finalis dan dinobatkan sebagai Mojang Jajaka (Moka) Remaja Kabupaten Bogor 2018.

Keduanya yang masih duduk di bangku SMAN 6 Bogor itu, berhasil menyisihkan sejumlah pesaingnya setelah melalui serangkaian tahapan panjang sejak 21 Februari hingga babak final 4 Maret 2018 yang diselenggarakan di Gedung Kesenian dan Olahraga Cibinong. Seperti apa perjalanannya?

Selain didapuk menjadi Moka Remaja Kabupaten Bogor, Gisela dan Abi juga menjadi Duta Pariwisata yang akan memperkenalkan keindahan pariwisata di Kabupaten Bogor kepada masyarakat luas, khusus­nya ke teman-teman sebayanya. Abi Dzar Al Ghifari mengaku tertantang mengikuti Ajang tersebut karena ingin berkon­tribusi di tempat tinggalnya.

”Ada pepatah, di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung.Ini salah satu cara mewujudkan kontribusi saya pada tempat yang saya pijak,” katanya.

Siswa kelas XII tersebut tentunya tidak berpuas diri. Terpilihnya menjadi finalis dalam ajang tersebut, dijadikan gerbang awal dalam me­ngem­ban tanggung jawab dan ama­nah bagi Kabupaten Bogor, khu­sus­nya di bidang kebuda­yaan dan pariwisata.

Di sisi lain, Abi mengaku pres­tasi yang kini dicapai tak terlepas dari peran sekolah dan orang tuanya. Tentunya ia tidak akan melu­pakan kewajibannya sebagai pelajar.

”Tetapi dalam belajar tidak melulu harus di dalam kelas, banyak hal yang luar biasa di luar sana yang bisa kita petik,” jelasnya.

Sementara itu, Gisela merasa menjadi lebih produktif dengan berkontribusi membangun pariwisata di tempat tinggal sendiri.

”Kebetulan hobi saya juga di bidang seni dan trave­ling,” bebernya.

Dalam setiap tahapan Moka Remaja, Gisela termasuk berun­tung. Berawal dari diterimanya seleksi tahap regional, setelah itu terpilih 24 finalis yang mengikuti masa karantina sejak 27 Februari hingga 1 Maret.

Terpisah, Kepala SMAN 6 Bogor, Aidawati yang mendidik dua finalis Moka Kabupaten Bogor menjelaskan, di dalam pem­­belajaran, senantiasa mengem­bangkan potensi siswa­nya sesuai dengan minat dan bakat masing-masing siswa.

”Gisela dan Abi ini memang punya potensi di bidang seni, sehingga ketika mereka ikut ajang ini, kami dukung,” katanya.(*)

Baca Juga