Beranda Olahraga Arena

Tes Parameter Wajib Hukumnya!

BERBAGI

GEMBLENG FISIK: Atlet handball Kabupaten Bogor menjalani latihan
fisik di GOR Parung.

CIBINONG–RADAR BOGOR, Ketua KONI Kabupaten Bogor Rusdi AS mengingatkan agar semua cabor yang akan bertanding di Porda XIII Jawa Barat 2018, wajib mengikuti tes parameter. Menurut Rusdi, tes ini penting agar KONI, kontingen, dan Dispora Kabupaten Bogor bisa mengetahui kondisi fisik atlet.

”Ini adalah program utama, agar pelatih juga bisa tahu dimana kelemahan maupun kekurangan atlet,” ucapnya.

Sehingga, lanjut dia, pelatih bisa melakukan evaluasi kepada para atletnya. Meski begitu, ia tidak mau berspekulasi terkait beberapa cabor yang absen dalam tes parameter ini.

”Mungkin ada beberapa yang atletnya tengah melakukan TC Pelatnas, ataupun menggelar TC di luar daerah. Bahkan, tidak menutup kemungkinan ada juga yang tengah mengikuti event pertandingan,” katanya.

Kendati demikian, ia tetap meminta agar cabor tetap melakukan koordinasi dengan pihak KONI, kontingan dan dispora.

”Intinya semua harus ikut test parameter. Adapun cabor yang tidak hadir padahal sudah jadwal test event, maka ketua dan Binpres cabor tersebut harus melakukan koordinasi,” imbuhnya.

Terpisah, Wakil Ketua II Bidang Prestasi Kontingen Kabupaten Bogor Yadi Mulyadi AR menegaskan, tes parameter bertujuan memberikan panduan kepada pelatih dan pengurus KONI dalam menetapkan parameter dan instrumen yang digunakan untuk mengevaluasi perkembangan atlet.

”Tes parameter ini sebanding lurus dengan prestasi yang akan diraih semua atlet ketika akan tampil dalam satu event olahraga,” katanya.

Selain itu, tes ini juga memberikan peluang kepada atlet dan pelatih untuk melakukan evaluasi diri berdasarkan hasil yang ditetapkan. (nal/c)

Komentar Anda

Baca Juga