Beranda Ekonomi

Semen Indonesia Targetkan Produksi 31 Juta Ton

TARGET: Produksi Semen Indonesia terus ditingkatkan.

JOGJAKARTA–RADAR BOGOR,PT Semen Indonesia (persero) Tbk tahun ini menargetkan bisa mem­produksi semen 31 juta ton. Angka itu naik jika dibandingkan dengan produksi perseroan tahun lalu yang mencapai 28,962 juta ton.

Kepala Biro Komunikasi PT Semen Indonesia Tbk Sigit Wahono mengatakan, pasar semen di tanah air tahun ini masih akan tumbuh positif seiring dengan proyek infra­struktur yang terus dikebut. ”Paling banyak memang infra­struktur dan properti. Kelihatan­nya tahun ini masih berlanjut,” ujarnya, kemarin.

Selama ini penjualan semen domestik memang ditopang segmen ritel, yakni properti dan infrastruktur.

Penjualan emiten dengan kode perdagangan SMGR itu pun tahun lalu mampu tumbuh 10,2 persen. Peningkatan penjualan terbantu ber­opera­sinya pabrik semen Rembang dan Indarung di Padang. Tahun lalu, utilisasi pabrik dengan kapasitas produksi sebesar 3 juta ton tersebut baru mencapai 60 persen. Tahun ini, SMGR menargetkan utilisasi pabrik itu bisa mencapai 100 persen seiring dengan keluarnya KLHS (kajian lingkungan hidup strategis) final tentang penam­bangan bahan baku semen.

Selama ini produksi semen dari pabrik Rembang masih menggunakan bahan baku dari penambang lokal maupun pabrik di Tuban.

”Komposisinya memang masih banyak dari penambang lokal. Sebab, kalau mendatangkan dari Tuban, biayanya cukup banyak. Sampai saat ini, pabrik semen milik kami yang biaya pro­duksinya paling tinggi me­mang di Rembang,” papar dia.

Sayang, jika mengan­dalkan pasokan dari penambang lokal, kualitas dan volumenya belum bisa terjaga dengan baik.(vir/c11/sof)

Baca Juga