Beranda Metropolis

Pawai Ogoh-ogoh Diiringi Gamelan Bali

BERBAGI
RAMAI:Ratusan umat Hindu dan warga sekitar yang ikut menonton pawai Ogohogoh, Jumat (16/3).

BOGORRADAR BOGOR, Bertempat di Pura Bumi Natha Sakti, kompleks Brimob Kedunghalang, ratusan umat Hindu di Kota Bogor melaksanakan prosesi tawur kesanga, yang diadakan sehari menjelang pelaksanaan Hari Raya Nyepi. 

Prosesi ini dimaksudkan mengembalikan sari-sari alam yang dipergunakan manusia selama ini dan dipersembahkan kepada para Bhuta, agar tidak mengganggu manusia sehingga kehidupan manusia bisa berjalan harmonis.

Humas Banjar Suka Duka Hindu Dharma Kota Bogor, Ni Luh Puspasari menjelaskan bahwa prosesi tawur kesanga di Pura Bumi Natha Sakti ini diawali dengan pembersihan areal pura dengan menggunakan sarana bebantenan, dilanjutkan acara persembahyangan bersama, dan diakhiri pawai mengarak ogoh-ogoh keliling pura.

“Ogoh-ogoh memiliki peranan sebagai simbol penetralisir kekuatan-kekuatan negatif dan kekuatan Bhuta atau kekuatan alam,” jelasnya kepada Radar Bogor.

Dewa –sapaannya– menam­bahkan, pawai ogoh-ogoh dimulai dari area Pura dilanjutkan keliling kompleks Brimob Kedunghalang hingga ke Jalan Raya Bogor, yang terletak di depan komples Brimob dan berakhir kembali di area pura.

Ogoh-ogoh diarak diiringi gamelan Bali (baleganjur) membuat suasana semakin meriah. Dewa menambahkan bahwa pawai ogoh-ogoh di kompleks Brimob Kedunghalang ini merupakan agenda rutin, yang sudah dilaksanakan selama bertahun-tahun.(ran/c)

Baca Juga