Beranda Pendidikan

Luncurkan 12 Buku Karya Ilmiah

BERBAGI
LAUNCHING BUKU: Siswa SMK Wijaya Plus menunjukkan bukunya setelah
dipresentasikan di hadapan guru dan pembimbing, Kamis (15/3) lalu.

CIAWI-RADAR BOGOR, SMK Wijaya Plus me-launching buku karya siswa-siswinya, Kamis (15/3) kemarin. Buku karya ilmiah para siswa tersebut bertema seputar jurusan yang diemban seperti jurusan komputer dan multimedia.

Ketua Yayasan Wijaya Plus, Slamet Wijaya mengatakan, pembuatan buku tersebut menerapkan standarisasi karya ilmiah yang juga diterapkan layak­nya jenjang universitas.

”Ini adalah satu terobosan yang begitu maju. Tentunya di era digitalisasi saat ini. Ada 12 buku yang dicetak dari dua kelas yang ada,” ujar Slamet yang juga mantan anggota DPRD Kota Bogor ini.

Menurutnya, buku-buku hasil karya siswa yang diluncurkan nantinya akan digunakan sebagai kebutu­han  internal sekolah. Namun tak menutup kemungkinan hasil karya para siswa tersebut akan dikomersilkan ke depannya.

”Kalau memang nantinya dibutuhkan, kenapa tidak? Di dalam buku itu isinya menarik. Mereka mem­praktikkan diselipi gambar, dan itu yang membuat pembaca mungkin tidak jenuh dengan tulisan-tulisan. Artinya, dibuat semenarik mungkin,” sambungnya.

Slamet menambahkan, para siswa hanya membutuhkan satu bulan saja dalam menger­jakan setiap buku yang memuat 40 hingga 50 halaman tersebut.

”Ada 12 kelompok yang menger­jakan semua itu, satu kelompok dibagi 4-5 orang. Kami juga akan terus berinovasi,” harapnya.

Sementara itu, Kepala SMK Wijaya Plus Yani Maryani menambahkan, pembuatan karya ilmiah berupa buku ini bisa dijadikan agenda rutin setiap tahunnya. Pasalnya, tahun lalu, para siswa juga membuat hal yang sama.

”Kami juga menekankan ke­pada para pembimbing untuk selalu memberikan arahan yang terbaik bagi para siswa­nya,” tutupnya.(dka/c)

Komentar Anda