Beranda Pendidikan

Lulusan Sekolah Alam Jauh Lebih Kreatif

HANGAT: Suasana talk show yang diadakan Yayasan Sekolah Alam Al Giva, Sabtu (18/3) lalu.

BOGOR-RADAR BOGOR, Yayasan Sekolah Alam Al Giva menggelar kegiatan talk show di Amphiteater Sekolah Alam Al Giva, Sabtu (18/3). Talkshow bertajuk pengalaman bersama sekolah alam berujuan agar dapat membuka wawasan masyarakat mengenai sekolah alam. Menurut Ketua Yayasan Sekolah Alam Al Giva, Fatah Sugito, kegiatan ini rutin diadakan setiap tahunnya dengan tema yang berbeda-beda.

”Tahun lalu kami menghadirkan Lendo Novo, penggagas sekolah alam dengan tema belajar dari sekolah terbaik di dunia. Sedangkan tahun ini temanya belajar bersama alam dan orang-orang hebat lahir dari kayanya pengalaman,” ujarnya.

Sebab, masyarakat perlu membuka pikirannya mengenai konsep sekolah alam yang menghasilkan lulusan yang tangguh, kreatif, mandiri dan berakhlak juga bisa menyesuaikan di sekolah lanjutan.

”Karena itu kami menghadirkan para alumni hebat dari sekolah alam, dan salah satu tokoh sekolah alam ternama di Indonesia yaitu M Syafir Abdulwahab. Peserta yang hadir bukan hanya orang tua siswa Al Giva, tapi juga orang tua dari calon siswa yang akan bersekolah di Al Giva” tambah Sugit, sapaannya.

Pada kesempatan itu, Syafir mengatakan, sekolah alam memberikan dampak yang sangat baik bagi siswa. Menurutnya, siswa yang bersentuhan dengan alam mengantarkan anak menjadi pemikir yang logis dan agamis.

”Karena mereka selalu didekatkan secara langsung dengan ciptaan-ciptaan Allah SWT,” katanya.

Di satu sisi, kata dia, Disdik masih berkutat dengan nilai akademik siswa yang mencirikan sukses atau tidaknya proses pembelajaran.  ”Padahal setiap anak itu punya bintang terang masing-masing. Nah, dengan konsep sekolah alam yang baik siswa bisa menemukan bintang terangnya,” tuturnya.

Ia berharap pemerintah dapat mengevaluasi sistem pendidikan di Indonesia dari jumlah pengangguran sarjana yang banyak.

Meski demikian, orang tua calon siswa tidak perlu khawatir dengan perkembangan akademik anak. Sebab, sekolah alam memiliki guru-guru yang berkualitas dan bisa menjadi teladan, memiliki metode dan cara terbaik dalam proses pembelajaran, hingga buku-buku yang digunakan berkualitas.

”Sehingga merangsang siswa dapat berpikir dari segala arah dan mudah beradaptasi,” sebutnya.

Dengan begitu, capaian akademik lulusan sekolah alam juga jauh melampaui  target akademik yang diinginkan pemerintah.

Selain talkshow, siswa Sekolah Alam Al Giva pun menyuguhkan beberapa tampilan untuk semakin memeriahkan suasana. Diawali dengan penampilan permainan alat musik khas Sunda yang mengiringi nyanyian Sunda hingga pantomim.(cr1/c)

Baca Juga