25 radar bogor

Dovizioso Berjaya di MotoGP Qatar

BERJAYA: Andrea Dovizioso (kanan) sukses memenangi seri pembuka MotoGP 2018 di Qatar, Minggu (18/3/2018) malam WIB.
BERJAYA: Andrea Dovizioso (kanan) sukses memenangi seri pembuka MotoGP 2018 di Qatar, Minggu (18/3/2018) malam WIB.

DOHA–RADAR BOGOR, Pembalap Ducati Andrea Dovizioso sukses memenangi seri pembuka MotoGP 2018 di Qatar, Minggu (18/3/2018) malam WIB. Pebalap asal Italia itu akhirnya bisa menaklukkan Sirkuit Losail.

Dovi-sapaan akrabnya yang musim lalu menjadi runner kejuaraan di bawah pebalap Repsol Honda Marc Marquez, tampil apik di Sirkuit Losail, Qatar. Meski startnya kurang mulus, perlahan tapi pasti rider Italia itu melesat ke posisi terdepan.

Start dari posisi lima, Dovi sempat melorot ke posisi tujuh di awal perlombaan. Pebalap Monster Yamaha Tech3, Johann Zarco, yang bisa memimpin jalannya race sejak awal.

Sampai akhirnya di lap ke-18, Dovi bisa menyalip Zarco. Dovi pun mempertahankan posisinya hingga finis, meski sempat mendapat ancaman dari Marc Marquez di tikungan terakhir.

Dovi mencatat waktu 42 menit 34.654 detik, dibuntuti Marquez yang jadi runner up, serta pebalap Yamaha Valentino Rossi di peringkat tiga. Kemenangan ini membuat Dovi akhirnya bisa menaklukkan Qatar.

“Saya meraih tiga kali posisi kedua, jadi sebelum datang ke sini, rasanya saya memiliki kewajiban untuk menang,” kata Dovi kepada BT Sport seperti yang dilansir Autosport.

Sebelumnya sejak 2015, berturut-turut Dovi selalu keluar jadi runner up di seri pembuka MotoGP tersebut. Semantara itu juara bertahan Marc Marquez harus puas finis runner-up, meski terus memberikan tekanan kepada pebalap terdepan.

Dia bahkan mencoba melewati Dovizioso di tikungan terakhir, namun gagal. Rossi sukses naik podium ketiga, meski harus start dari posisi delapan. Alex Rins jadi pebalap pertama yang terjatuh, disusul Jorge Lorenzo. (pin/net)