Beranda Berita Utama

Get Out! Inggris Usir 23 Diplomat Rusia

BERBAGI
Theresa May (thesun.co.uk)

LONDON–RADAR BOGOR,Inggris membuktikan ancamannya. Seiring berakhirnya batas waktu yang diberikan Perdana Menteri (PM) Theresa May kepada Rusia untuk menjelaskan insiden serangan racun terhadap Sergei Skripal, London mengusir 23 diplomat asal Negeri Beruang Merah itu. Sebab, Kremlin menolak bekerja sama dalam investigasi.

”Tidak ada alternatif lain. Kesimpulannya adalah Rusia dalang di balik percobaan pembunuhan terhadap Skripal dan anak perempuannya. Mereka pula yang membuat keselamatan warga Inggris di Salisbury terancam,” papar May dalam jumpa pers sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (14/3).

Sebagai balasan, dia lantas mengusir 23 diplomat Rusia yang bertugas di Inggris. Kepada media, May menyebut diplomat-diplomat yang diberi waktu sepekan untuk angkat kaki itu sebagai staf intelijen tak resmi Rusia.

Langkah diplomatik tersebut jelas akan membuat hubungan dua negara renggang. Dipastikan, Moskow pun tidak akan tinggal diam. Sangat mungkin Kremlin akan ganti mengusir diplomat-diplomat Inggris dari Rusia.

Selain mengusir 23 diplomat Rusia, May membekukan aset-aset pemerintah Rusia yang dianggap sebagai ancaman bagi rakyat Inggris.

Pemimpin 61 tahun tersebut yakin, Rusia terlibat dalam insiden yang membuat Skripal dan putrinya koma sampai sekarang itu. Racun mematikan dalam tubuh mantan mata-mata Rusia tersebut teridentifikasi sebagai novichok. Itu adalah senyawa pelemah saraf milik militer Uni Soviet. (hep/c10/dos)

Komentar Anda

Baca Juga