Beranda Berita Utama

Mengenang Fisikawan Dunia, Stephen Hawking

BERBAGI
TOKOH: Stephen Hawking saat masih hidup.

LONDON-RADAR BOGOR,Ilmuwan teori fisika asal Inggris, Stephen Hawking meninggal di usia 76 tahun di Cambridge, Inggris, Rabu (14/3). Hasil karyanya membentang, mulai asal muasal alam semesta, kemungkinan perjalanan menembus waktu hingga misteri luar angkasa berupa lobang hitam yang bisa menyedot apa saja ke dalamnya.

“Kami sangat sedih karena ayah tercinta kami telah meninggal dunia hari ini,” ujar anak Hawking, Lucy seperti dikutip dari BBC. Namun, pihak keluarga tak mengungkapkan penyebab kematiannya, tapi memastikan Hawking pergi dengan tenang.

Semasa hidupnya, Hawking dikenal sebagai orang pertama yang mengemukakan teori kosmologi. Dia menggabungkan relativitas dengan mekanika kuantum.

Tak banyak ilmuwan yang bisa dikategorikan sebagai selebritas. Apalagi, ketika bidang ilmu yang didalami adalah fisika teoretis. Almarhum Stephen Hawking adalah salah satu yang berhasil mendobrak batas antara komunitas sains dengan masyarakat umum.

Semasa hidupnya, ilmuwan Inggris itu beberapa kali tampil di film dan serial televisi. Baik dalam bentuk fisik, animasi atau rekaman suaranya saja. Namanya juga disebut dalam berbagai karya populer, mulai dari novel, lagu, video game, hingga komik.

Semua itu terjadi berkat bukunya yang paling populer, A Brief History of Time (1988). Buku berisi penjelasan sederhana tapi mendetail tentang alam semesta dan hukum-hukumnya itu jadi bestseller dan sang penulis terkenal.

Kalangan penggemar fiksi ilmiah mengidolakan dan menjadikan karya Hawkings tersebut sebagai sumber inspirasi. Tak heran, pada 1993 dia diundang untuk tampil sebagai cameo di serial Star Trek: The Next Generation. Hawking memerankan dirinya sendiri yang tampil dalam bentuk simulasi hologram di kapal luar angkasa USS Enterprise.

Pada tahun yang sama, band rock Pink Floyd menggunakan suara Hawking untuk pembukaan lagu “Keep Talking” dari album The Division Bell. Serial kartun The Simpson juga mengakui status selebritas Hawking dengan menampilkan pria kelahiran Oxford itu dalam salah satu episode.

Hawking pun mengizinkan penggunaan suarnya untuk keperluan film The Theory of Everything (2014). Dalam film biografi itu, karakter Hawking sendiri diperankan aktor Eddie Redmayne.

Sang ilmuwan memanfaatkan kepopulerannya untuk mempromosikan sejumlah produk. Dia tercatat pernah tampil dalam iklan British Telecom, Specsavers, Egg Banking dan Go Compare.

Stephen Hawking sempat menimbulkan kehebohan dengan pernyataanya soal alien pada 2010 lalu. Dia adalah salah satu ilmuwan yang meyakini bahwa ada kehidupan lain di luar bumi.

“Menurut otak matematisku, angka menunjukan bahwa keberadaan alien sangatlah rasional. Tantangan terbesar adalah memperkirakan seperti apakah alien itu,” kata Hawking pada 2010, sebagaimana dilansir The Times.

Pria asal Inggris itu yakin bahwa alien tidak hanya ada di planet-planet, tapi juga di tempat lain. Contohnya, di bintang atau mengapung di angkasa luas.

Tidak hanya itu, Stephen Hawking juga berasumsi bahwa beberapa spesies alien memiliki peradaban yang maju dan dapat mengancam bumi. Menurutnya, hubungan dengan spesies seperti itu dapat membahayakan seluruh umat manusia.

“Jika alien mengunjungi kita, hasilnya akan sama seperti ketika Columbus mendarat di Amerika, yang tidak berakhir baik bagi penduduk asli Amerika,” jelasnya.(wan)

Komentar Anda