Beranda Pendidikan

IUQI Bogor Jalin Silaturahmi

MENYERAHKAN PELAKAT : Wakil Rektor 2 Bidang Kerjasama IUQI, Syamsul Rizal (kiri) menyerahkan pelakat kepada Pimpinan Redaksi Radar Bogor, Nihrawati AS, kemarin (14/3).

BOGORRADAR BOGOR, Perguruan tinggi di Kabupaten Bogor bagian barat kini bertambah. Tentunya kabar tersebut dapat menggembirakan bagi warga yang tinggal di daerah tersebut. Ya, Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor (IUQI) merupakan pendidikan tinggi di bawah naung­an Pesantren Modern Ummul Quro yang berlo­kasi di Kecamatan Leuwiliang Tengah yang kini me­ngelola lebih dari 4.000 santri aktif dan ribuan alumni dan siap mendidik putra-putri terbaik warga Bogor.

”IUQI secara resmi berdiri pada 20 Januari 2016. Orang tua juga tak perlu khawatir karena kita sudah mendapatkan Surat Keputusan (SK) Dirjen Pendidikan Islam Nomor 7.235 per tanggal 22 Desember 2016,” ujar Wakil Rektor 2 Bidang Kerja Sama IUQI, Syamsul Rizal saat berkunjung ke kantor Graha Pena Radar Bogor, kemarin (14/3).

Dengan menjalin silaturahmi tersebut, diharapkan mahasiswa IUQI dapat belajar ataupun magang di Radar Bogor. ”Kami juga minta diperkenalkan kepada masyarakat bahwa Ummul Quro bukan hanya SMP dan SMA, tetapi juga ada institut,” terangnya.

Saat ini, sambungnya, IUQI telah memiliki tiga fakultas dan enam program studi (prodi), di antaranya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dengan Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Guru Bahasa Arab, dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Selain itu, ada Fakutas Dakwah dan Komunikasi Islam dengan Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam juga Bimbingan dan Konseling Islam.

Ada juga Fakultas Ekonomi Syariah dengan Prodi Ekonomi Syariah. Ke depan, kata dia, akan terus dilakukan penambahan prodi.  

Bicara fasilitas penunjang dan keunggulan, IUQI memiliki masjid, perpustakaan, laboratorium kompuer, laboratorium bahasa, laboratorium micro teaching dan studio radio broadcasting.

”Ada juga asrama mahasiswa putra dan putri, cyber campus, unit kegiatan mahasiswa (UKM) seperti kepanduan, broadcasting, jurnalistik, nasyid, mapala, teater, paduan suara, dan lainnya serta pilihan kelas untuk reguler atau karyawan,” terangnya.

Di tahun pertamanya, IUQI telah menampung 207 mahasiswa baru.(gal/c)

Baca Juga