Beranda Berita Utama

IPB Ciptakan Kecerdasan Buatan

ilustrasi

BOGOR-RADAR BOGOR,Gaung era industri 4.0 yang menekankan pemanfatan internet disambut berbagai kalangan. Tak terkecuali perguruan tinggi. Institut Pertanian Bogor (IPB) bahkan sedang menyiapkan program studi (prodi) baru untuk menyambut era industri berbasis internet of things itu.

Rektor IPB Arif Satria mengatakan, prodi baru yang sekarang masuk tahap kajian itu adalah smart farming (pertanian cerdas), pertanian presisi, ilmu data (data science), robotika, dan kecerdasan buatan (artificial intelligence). Dia mengatakan, IPB sebagai kampus pertanian, tetap menjaga marwahnya di bidang pertanian.

”Tetapi pertanian yang modern. Adaptif dengan era industri 4.0,” katanya usai penandatangan kerja sama dengan Universitas Al Azhar Indonesia kemarin (14/3).

Dia mencontohkan bidang pertanian cerdas dan pertanian presisi yang jika dipadukan bisa menjadi solusi kendala pertanian masa kini. Yakni, seringnya petani mengalami persoalan gagal panen akibat cuaca.

Melalui pengolahan basis data tertentu, waktu yang tepat untuk bercocok tanam bisa dihitung secara presisi. ’’Supaya tidak terganggu dengan efek perubahan iklim,’’ jelasnya.  Baca selengkapnya di Epaper Radar Bogor hari ini

Baca Juga