Beranda Berita Utama

WA Bisa Hapus Pesan Terkirim Satu Jam

BERBAGI
Ilustrasi media sosial

JAKARTA–RADAR BOGOR, Para pengguna WhatsApp (WA) kini tak terlu takut lagi jika salah kirim. Sebab, pesan WA kini bisa dihapus satu jam setelah terkirim. Sebelumnya, batas waktu hapus pesan di fitur Delete for Everyone hanya tujuh menit usai dikirim. 

Seperti dikutip dari laman The Verge, Selasa (13/3), fitur tersebut hadir di aplikasi WhatsApp versi 2.18.31. Dari penjelasan WABetaInfo, batas waktu hapus pesan tersebut kini lebih lama. Tepatnya satu jam delapan menit 16 detik. 

Kendati demikian, masih belum dirinci mengapa jangka waktu hapus pesan yang diberikan hingga satu jam. WhatsApp juga tak memiliki fitur percakapan “rahasia” seperti milik kompetitor yang mampu hapus pesan dengan sendirinya usai dibaca penerima. 

Seperti diketahui bahwa WA melepas fitur Delete for Everyone pada Oktober 2017 lalu. Aplikasi pesan instan ini menyebut fitur itu untuk menghapus pesan “kecelakanan” yang terkirim ke pengguna di waktu dan tempat yang salah.

Menggunakan fitur itu sangat mudah. Cukup memilih pesan yang ingin dihapus kemudian pilih menu Delete for Everyone. Fitur ini sangat digemari, sebab tak hanya mampu menghapus teks, namun juga foto serta video bila di-delete sebelum tujuh menit. WhatsApp menganggap waktu itu cukup untuk membuat pengguna sadar bila telah mengirim pesan yang salah.

Sebagai salah satu pioner aplikasi pesan instan, WhatsApp terus melepas sejumlah fitur baru untuk memanjakan pengguna. Pada awal 2018, WhatsApp Business resmi diluncurkan bagi pemilik usaha kecil untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka. Sementara awal Februari lalu, pengguna WhatsApp dimung­kinkan untuk saling berkirim dana dengan hadirnya WhatsApp Payment yang saat itu diketahui sedang diuji coba ke ratusan user di India. (net)

Baca Juga