Beranda Metropolis

Sukaresmi Masuk Tahap Verifikasi Awal P2WKSS

Melihat Penilaian Lomba Program Terpadu P2WKSS di Kelurahan Pasirjaya

BOGORRADAR BOGOR, Kelurahan Sukaresmi menjadi wakil Kota Bogor dalam Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tingkat Jawa Barat 2018.  Kemarin (13/3) program P2WKSS memasuki tahap verifikasi awal untuk Sukaresmi.

Ketua tim verifikasi Provinsi Jawa Barat Sursilah Yani Yuhaningsih mengatakan, program ini diawali dengan usulan kelurahan binaan dari wali kota. Selanjutnya, pihaknya melakukan pencocokan data dengan data kemiskinan. Lalu, dilakukan verifikasi awal terhadap dukungan sumber daya manusia (SDM).

Selain itu, lanjut Sursilah, kelurahan mulai membangun fisik di lokasi binaan selama delapan bulan.

“Jadi kalau hari ini kami baru verifikasi awal, delapan bulan ke depan yakni sekitar Oktober, kami akan kembali untuk melihat perubahan atau mengevaluasinya,” katanya.

Ia menjelaskan pelaksanaan P2WKSS di desa atau kelurahan binaan berlangsung selama dua tahun. Dimulai April 2017 dan berakhir Desember 2018. Hal ini penting dilaksanakan sebagai awal dari rencana pembangunan di kelurahan, yang sudah dipilih Wali Kota Bogor untuk menjadi sasaran program.

Kelurahan Sukaresmi mewakili Kota Bogor karena dinilai banyak melibatkan masyarakat dalam kegiatan PKK. Keterlibatan masyarakat ini memang patut disyukuri, karena akan sangat berpengaruh terhadap usaha-usaha yang dilakukan untuk mendukung peningkatan derajat kualitas kehidupan mereka sendiri. Seperti yang disampaikan Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Bogor Ade Sarip Hidayat saat menerima tim verifikasi P2WKSS Provinsi Jawa Barat di aula Masjid Al-Ikhlas RT 03/03, Kelurahan Sukaresmi, Kecamatan Tanahsareal.

Ade menyebutkan bahwa kunjungan tim verifikasi awal P2WKSS tingkat Jawa Barat, menjadi motivasi bagi masyarakat sekitar, Pemkot Bogor, dan TP PKK Kota Bogor. Terutama dalam usaha untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Bogor.

Program P2WKSS tidak terlepas dari dukungan TP PKK Kota Bogor yang memang aktif untuk terus mendorong agar kegiatan PKK di tingkat masyarakat berjalan sesuai harapan bersama.

Selain itu, kata Ade, program P2WKSS merupakan program peningkatan peran perempuan yang menggunakan pola pendekatan lintas bidang pembangunan yang dikoordinasikan dan diarahkan, agar dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga guna mencapai tingkat hidup yang berkualitas. Melalui program ini, kondisi yang ada di Kelurahan Sukaresmi diupayakan dapat dibangun dan dikembangkan secara berkesinambungan.(ran/b)

Baca Juga