Beranda Pendidikan

Mengajar Cerdas di Era Digital

HANGAT: Bambang Sumintono dan Prof. Dr. Anna Permanasari (duduk) saat memaparkan meteri dalam Seminar Nasional Pendidikan di Unpak, (10/3).

BOGOR-RADAR BOGOR, Tidak bisa di­mung­kiri, di era digital yang ber­kem­bang pesat tentunya menutut semua­nya mengikuti perkembangan zaman. Tak terkecuali bagi du­nia pen­didikan. Hal itu yang mendasari Program Studi Administrasi Pendidikan Program Pasca­sarjana UNPAK melakukan se­mi­nar nasional tentang pendidikan yang mengangkat tema Paradigma Kepemimpinan Pendidikan di Era Digital.

Ketua panitia Ervan Purnama mengatakan, kegiatan ini sengaja dilakukan de­ngan ha­ra­pan dapat memper­kaya keil­muan dalam men­cer­daskan anak bangsa.

”Esensinya kan untuk mem­bentuk manusia yang utuh dengan akhlak meski ditempa berbagai masalah perkem­ba­ngan zaman, apalagi di era d­igital. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, didiklah anak sesuai dengan perkem­bangan zaman,” kata Ervan di sela-sela seminar, (10/3) lalu.

Seminar yang membahas tentang perkembangan zaman tersebut diikuti 180 mahasiswa dari Program Studi Administrasi Pendidikan.

Seminar diisi pemaparan menarik dari narasumber yang berkompeten di bidangnya, di antaranya, dosen dan peneliti University of Malaya, Malaysia, Bambang Suminto  dan Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Prof. Dr. Anna Permanasari.

Bambang yang berkesempatan menyampaikan materi tentang paradigam pendidikan di era digital menjelaskan, kepemim­pinan pendidikan harus bisa menjadi pemimpin, bukan manajer.

”Karena kalau manajer lebih cenderung mendorong dan bersifat memaksa, se­dangkan leader bersifat menarik,” katanya.

Untuk menjadi leader tidak hanya sekadar menye­lesaikan tugas, tetapi juga mengon­disikan sekolah agar dapat mem­buat siswa dan guru ber­komunikasi dengan baik.

”Guru sekarang harus bisa itu. Kalau belum bisa ya ikut les, karena dengan begitu, bisa memper­lancar komunikasi yang baik dengan siswa yang saat ini mahir dalam digital,” tuturnya.

Sementara itu, Guru Besar Universitas Pendidikan Indone­sia Bandung, Prof. Dr. Anna Permanasari menam­bahkan, dalam materinya yang mem­bahas tentang mengajar cerdas di era digital, kepala sekolah maupun guru harus cerdas dalam memanfaatkan ilmu teknologi informasi dalam mengajar.

Dalam seminar itu, hadir pula Rektor Unpak Bibin Rubini yang mengapresiasi terhadap kegiatan yang diselenggarakan oleh Program Studi Administrasi Pendidikan Tersebut.(cr1/c)

Baca Juga