25 radar bogor

Preview Man United vs Sevilla: Jawab Hujan Kritik

Romelu Lukaku dan Ever Banega

MANCHESTER–RADAR BOGOR,Ramon Sanchez Pizjuan sudah memberi Romelu Lukaku pelajaran. ”Dia (Lukaku) lemah,’’ kritik mantan bek kanan Manchester United Gary Neville seperti dikutip di Sky Sports.

”Dia bukan standar striker United,’’ sambung mantan kapten United Roy Keane di dalam kritikannya, kepada ITV.

Layakkah Lukaku dikritik kembali? Rom akan menjawab­nya pada leg kedua 16 Besar Liga Champions menantang Sevilla di Old Trafford, Man­chester, dini hari nanti WIB (Siaran Langsung SCTV/beIN Sports 1 pukul 02.45 WIB). ”Tak lagi terjadi pada pekan yang penting ini,’’ klaim Lukaku, dikutip Manchester Evening News.

Hujan kritik dari Ramon Sanchez Pizjuan sudah memberi Lukaku momentum. Setelah kegagalannya mencatat satu pun shots on goal saat itu, striker berharga GBP 75 juta (Rp1,43 triliun) itu membuktikan dirinya tak seperti kritikan Neville dan Keane. Lukaku menjawab di tiga laga domestik beruntun di Premier League.

Bahkan, dari tiga laga itu, dua di antaranya bertipikal big match. Dengan satu gol plus satu assist-nya, United memecundangi Chelsea 1-2 di Old Trafford (25/2). Masih di stadion yang sama akhir pekan kemarin WIB (10/3), satu assist-nya jadi awal dari brace-nya Marcus Rashford saat mengalahkan Liverpool.

Itu belum termasuk golnya yang menyelamatkan The Red Devils dari kekalahannya di Selhurst Park, markas Crystal Palace. Satu golnya mengantarkan United menang dramatis 3-2 dari The Eagles. Nah, mampukah Lukaku melanjutkan kontribusi gol ataupun assist-nya bagi United?

Satu assist saja sudah menjadi assist pertamanya di Liga Champions. Lalu, satu gol di laga ini juga bisa mendekatkannya pada musim terganasnya di Eropa. Di dalam Liga Europa musim 2014-2015, Lukaku mencetak delapan gol dari sembilan kali penampilannya bersama Everton.

Gol yang juga bisa memengaruhi keputusan petinggi United musim panas ini. Sebab, United belakangan ini dikaitkan dengan rumor pendekatannya ke bomber Bayern Muenchen, Robert Lewandowski. ESPN menyebut, United sudah mengajukan penawaran resmi ke pihak Bayern. Padahal dalam track record-nya Lukaku bukan tipikal striker yang bisa meledak saat dia punya striker kompetitor.

Meledaknya dia bersama The Toffees pun karena tak ada pesaing di belakangnya pada posisi nomor sembilan. Di United, hanya Lukaku pemain nomor sembilan terbaiknya. ”Sikap yang dia (Lukaku) tunjukkan harus tetap sama seperti pekan-pekan terakhir,’’ ucap gelandang United, Nemanja Matic.

Berbicara dalam situs resmi klub, Mourinho tak menyebut ledakan Lukaku dalam laga-laga kemarin sebagai puncak performa bomber timnas Belgia itu. Bahkan, Mourinho berkoar bahwa penampilan anak asuhnya, termasuk Lukaku, ketika membekuk Liverpool kemarin itu sebagai pemanasan sebelum menjamu Sevilla.

”Liverpool tetaplah Liverpool. Itu big match, dan big match yang menentukan jalan ke posisi atas klasemen. Tetapi Sevilla dan Brighton (and Hove Albion) lebih penting ketimbang dari Liverpool,’’ kelakar Mourinho. Mengapa lebih penting? Sebab, di Premier League United tinggal mengamankan posisi runner up.

Sementara, untuk trofi hanya Liga Champions dan Piala FA yang jadi peluangnya. Jika kelolosan ke perempat final Liga Champions sejak 2013-2014 ditentukan dini hari nanti, maka melawan Brighton bisa memberi asa Mourinho kembali menjuarai Piala FA, seperti capaian di musim 2006-2007 bersama Chelsea.(ren)