Beranda Ekonomi

Perkuat Segmen Kendaraan Komersial

BERBAGI
BANGGA: Ban radial menjadi fokus PT Sumi Rubber Indonesia, produsen Dunlop, untuk segmen kendaraan komersial.

JAKARTA–RADAR BOGOR,PT Sumi Rubber Indonesia, produsen Dunlop, tahun ini fokus menggarap ban radial di segmen kendaraan komersial. Hal itu dipicu program pembangunan infrastruktur jalan tol yang berpotensi menggenjot permintaan ban radial.

General Manager Sales Planning & Admin PT Sumi Rubber Indonesia Hendra Himawan menyatakan, perkembangan Dunlop cukup positif sepanjang tahun lalu. Pangsa pasar Dunlop secara nasional untuk kategori passenger car radial lebih dari 33 persen. Kontribusi passenger car terhadap ban Dunlop di atas 50 persen.

”Selama ini, kami memang banyak bermain di kategori passenger car. Tetapi, tahun ini, kami akan coba tingkatkan penjualan di segmen komersial. Program pemerintah yang terus menggenjot in­frastruktur otomatis membuat demand terhadap ban radial meningkat,” ujarnya di Surabaya pada Sabtu (10/3).

Menurut dia, keunggulan ban radial adalah daya tahannya. Ketahanan terhadap panas yang cukup tinggi membuat usia pakai lebih panjang.

”Market share Dunlop terhadap total pasar untuk kategori commercial car radial masih kecil. Tetapi, kalau Dunlop di segmen komersial, kontribusi ban radial untuk truk kargo sudah lebih dari 50 persen. Lalu, untuk dump truck, masih di bawah 30 persen,” tuturnya.

Karena itu, tahun ini, pihaknya akan lebih menggenjot segmen truk.

Hendra mengakui, pangsa pasar Dunlop untuk kategori komersial masih kecil karena pihaknya baru bermain di ceruk tersebut dua tahun lalu. ”Tahun ini, tentu ada produk baru. Khususnya untuk truk. Kami akan tambah ukuran di ban radial komersial,” ucapnya.

Pertumbuhan ban Dunlop di segmen komersial ditargetkan meningkat dua hingga kali lipat jika dibandingkan dengan 2017. (car/c18/sof)

Komentar Anda

Baca Juga