Beranda Olahraga Arena

Mental Makin Terasah

JEPANG–RADAR BOGOR, Timnas U-16 Indonesia berhasil mempersembahkan gelar dari Jepang. Skuat berjuluk Garuda Asia menjuarai Jenesys Tournament setelah menaklukkan Vietnam U-16 1-0 (1-0) di partai puncak, di Kirishima Yamazakura, Miyazaki Prefectural, Jepang, Senin (12/3).

Satu-satunya gol kemenangan skuat Garuda Asia tersebut dicetak oleh pemain muda bertalenta, Rendy Juliansyah melalui titik putih pada menit ke-24. Dengan hasil ini, Indonesia sekaligus menegaskan dominasi atas Vietnam yang menjadi juara Piala AFF U-16 pada 2017 lalu.

Sebelumnya, kedua tim saling berjumpa pada turnamen Thien Pong Plastic, pada 2017. Saat itu, skor berakhir imbang 1-1. Sementara, pelatih timnas, Fakhri Husaini menyebut kemenangannya ini bukti jika mental pemain semakin terasah.

Di sisi lain, Fakhri juga menorehkan catatan apik karena memberikan gelar juara kedua saat skuat Garuda Asia ditanganinya.

”Cukup membanggakan. Berkat dukungan, doa masyarakat Indonesia dan kerja keras para pemain selama pemusatan latihan sampai pertandingan di Jenesys, prestasi ini di dapatkan,” ungkapnya.

Tak ada rasa keder, takut, bahkan berkecil hati saat menghadapi lawan yang berat, termasuk salah satunya Jepang yang dihadapi di semifinal. Sutan Zico dkk sukses menaklukkan tim ruan rumah dengan skor tipis 1-0.

”Saya senang dan bangga, para pemain kami bermain tidak ada takutnya. Semua lawan dihadapi dengan gagah berani,” tegas Fakhri.

Selanjutnya, tugas Fakhri masih panjang. Dia ditarget bisa meloloskan Timnas U-16 ke Piala Dunia U-17 yang dihelat 2019 mendatang. Syarat untuk lolos ke pesta sepak bola terakbar untuk U-17 tersebut adalah bisa menembus semifinal Piala Asia U-16 2018.

”Kami akan tetap lakukan evaluasi, target besar kami adalah lolos ke Piala Dunia U-17 2019, kami harus lolos ke semifinal Piala Asia U-16 dulu. Saya berharap moral dan motivasi pemain terangkat dengan prestasi ini,” tandasnya. (dkk/jpnn)

Baca Juga