Beranda Metropolis

Kepedulian THE 1O1 Bogor Suryakancana Mengelola Kawasan Wisata Baru

BERBAGI
CEK: Tim dari THE 1O1 Bogor Suryakancana saat melihat persiapan Kampung Mural di Pulo Geulis.

BOGOR-RADAR BOGOR, Kota Bogor tidak hanya sebagai kota tujuan wisata kuliner, namun juga sudah menjadi kota wisata, dengan banyak pilihan destinasi berlibur. Tidak hanya memanfaatkan kekayaan alam, ada beberapa kawasan yang dikelola dan dikonsep menjadi destinasi wisata.  Baik yang dilakukan pemerintah maupun lembaga swasta.

Salah satu lembaga swasta yang melakukannya, yakni Hotel THE 1O1 Bogor Suryakancana, yang mengelola Kampung Pulo Geulis menjadi kampung mural sebagai kawasan wisata baru. Kawasan tersebut nantinya bisa menjadi pilihan berwisata di Kota Bogor. Tidak banyak yang tahu, pulau cantik di tengah-tengah Sungai Ciliwung tersebut, memberikan hal yang menarik.

General Manager Adjid Kurniawansyah mengatakan, kampung yang lebih dikenal dengan Pulo Geulis ini terletak di Kelurahan Babakanpasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, yang jaraknya tidak jauh dari landmark Kota Bogor, Tugu Kujang.  Di kampung tersebut banyak menawarkan berbagai keunikan.

“Kampung mural yang dekat daerah pecinan ini bisa jadi wisata edukasi,” terang Adjid kepada Radar Bogor, kemarin.

Apalagi, di Pulo Geulis juga terdapat kelenteng tertua di Kota Bogor, yaitu Kelenteng Phan Ko Bio. Tempat yang sangat kental dengan nilai-nilai pluralisme, dari suku, budaya, dan agama, kini siap dipercantik dan menjadi magnet wisata sejarah baru yang paling memikat di Kota Bogor.

Hal tersebut dilakukan hotel The 1O1 Bogor Suryakancana, melihat besarnya potensi dari Pulo Geulis untuk menjadi salah satu tujuan destinasi, bukan hanya destinasi heritage dan wisata pluralisme.

“Kami bermaksud menjadikan Pulo Geulis sebagai kampung tujuan wisata kekinian yang akan diberi nama Kampung Mural Pulo Geulis,” ucap Adjid.

Nantinya, selain memberikan pendapatan daerah untuk Kota Bogor, hadirnya Kampung Mural juga memberikan pengaruh positif untuk masyarakat sekitar. Usaha kecil menengah yang dikembangkan masyarakat bisa lebih baik. Perekonomian masyarakat juga akan meningkat.

Tidak hanya hotel,  Kampung Mural juga didukung Pemkot Bogor serta perusahaan cat nasional, yakni PT Propan Raya, sebagi bentuk program corporate social responsibility (CSR)-nya. Sementara para seniman mural yang akan terlibat mempercantik destinasi wisata baru ini berasal dari komunitas lokal Bogor, yang meliputi Bogor Sketchers, Swapiness, dan Raincity Artholic.

Program mempercantik Pulo Geulis ini merupakan sebuah bentuk kepedulian dari berbagai pihak dalam rangka mengembangkan sebuah lokasi yang kaya akan sejarah dan berpotensi menjadi sebuah destinasi wisata.

CEO PT Propan Raya, Kris Rianto Adidarma, berharap bahwa program ini tak hanya mempercantik Pulo Geulis tetapi dapat membangun kebanggaan masyarakat akan keindahan kotanya, sehingga timbul rasa memiliki.

“Jika ada kebanggaan dan rasa memiliki dari masyarakat sekitar, maka Pulo Geulis akan terus lestari, terjaga, dan terawat. Jika sudah terbentuk rasa ini, dipastikan akan banyak wisatawan berkunjung ke Pulo Geulis,” ucapnya.

Perlu diketahui, pengecatan Kampung Mural Pulo Geulis ini merupakan program lanjutan dari 1O1 Travel Sketch edisi Bogor yang diselenggarakan pada 28–29 Oktober 2017 lalu.(*/c)

Komentar Anda

Baca Juga