Beranda Metropolis

Hibah Bansos Gunakan Aplikasi Sahabat

BERBAGI
ilustrasi

BOGOR–RADAR BOGOR, Tahun ini, Pemkot Bogor melalui APBD 2018 kembali mengucurkan dana hibah sebesar Rp108.083.781.785. Rencananya, pemkot juga akan menerapkan pengajuan hibah bantuan sosial (bansos) berbasis online pada awal April 2018.

Kepala Bagian Kemasya­rakatan pada Setda Kota Bogor, Iman, mengatakan hibah bansos secara online sudah dilakukan pada tahun sebelumnya, hanya masih berbentuk manual.

“Nah, sekarang kita menggunakan hibah bansos online dalam aplikasi Sahabat (Sistem Administrasi Hibah Bansos Terpadu). Di sini kita bisa melihat secara online melalui kelurahan dan nanti diklik sendiri,” ujarnya saat Bimbingan Teknis kepada Peserta Verifikator dari Kelurahan, Kecamatan dan OPD Terkait di Hotel Onih, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Senin (12/3).

Selain itu, lanjut Iman, sistem hibah bansos online ini bisa terpantau bagaimana prosesnya.

“Sistem pemohonnya nanti akan diinput di kelurahan setelah pemohon memenuhi persyaratan. Setelah itu akan diintegrasi ke Bagian Umum, dan nanti langsung didiskusikan ke Pak Wali,” ucapnya.

Sementara mengenai persiapan perangkat pendukung sistem berbasis online, kata Iman, untuk aplikasinya dibantu Diskominfostandi.

“Saat ini kita memberikan bimbingan teknis kepada peserta dan besok cara mengoperasikan aplikasi tersebut ke depan, di setiap kelurahan tersedia komputer khususnya hibah bansos,” ungkapnya.(poj)

Baca Juga