Beranda Ekonomi

Gandeng 100 Ribu Sobate-UMKM

POTENSI: Pelaku usaha kecil menengah dibidik PT TUN.

JAKARTA–RADAR BOGOR,PT Tele Utama Nusantara (TUN) siap mem­bantu kalangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mengem­bang­kan usa­ha secara cepat, efektif, dan efisien melalui pemanfaatan ekonomi digital.

TUN menawarkan TeleShop, sebuah layanan yang akan mendigitalisasikan pelaku UMKM di Indonesia sehingga bisa mengakses ekonomi digital secara optimal.

”Dengan layanan TeleShop, UMKM siap beralih rupa menjadi e-UMKM atau UMKM elek­tronik. TeleShop menawar­kan sebuah solusi berbasis teknologi (SOBATE). UMKM yang menjadi mitra TeleShop disebut sebagai Sobate-TeleShop ,” ujar CEO TUN Slamet Riyadi.

TeleShop adalah platform berbasis aplikasi Android yang sangat mudah dioperasional­kan. Sejumlah kebutuhan kon­­su­men bisa dilayani TeleShop, ter­masuk kebutuhan rutin seperti pembayaran listrik (dan token listrik), PDAM, Telepon, Leasing, pay-tv, dan lain-lain.

Ke depan, TeleShop akan dikembangkan ke lebih banyak merchant sesuai dengan rencananya menjadi merchant aggregator. Layanan melalui TeleShop juga dapat dilakukan secara cepat, selama 24 jam dalam tujuh hari.

Saat ini terdapat 25 ribu mitra UMKM pengguna TeleShop di Jawa, Madura, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Su­matera, Sulawesi, dan Papua. Ke depan, TeleShop terus mem­­­perkuat ekosistem digital­nya dengan menyasar sektor UMKM yang selama ini belum terja­mah kalangan perbankan.

Dengan modal awal yang relatif cukup kecil, minimal deposit Rp250 ribu, UMKM mitra TeleShop sudah bisa me­layani transaksi. Setiap saat, UMKM mitra TeleShop dapat selalu mengetahui sisa saldo mereka.

Pemanfaatan layanan Tele­Shop diyakini dapat melipat­gandakan omzet dan laba pelaku UMKM. ”Mereka hanya memerlukan perangkat hand­phone Android. Kami bah­kan bisa meminjamkan perang­kat itu untuk para mitra kami. Operasionalnya sangat mu­dah. Mereka tinggal men­daftar, ka­mi akan tanamkan aplikasi­nya, lalu mereka menyetor deposit tertentu,” ujar dia.(chi/jpnn)

Baca Juga