Beranda Pendidikan

Galang Dana untuk Brebes dan Ghouta

BERBAGI
KREATIF: Salah satu siswa Sekolah Alam Al Giva unjuk gigi dalam pentas pantomim untuk menggalang dana kemanusiaan.

BOGORRADAR BOGOR, Sekolah Alam Al Giva menunjukkan kepeduliannya. Melalui kegiatan Al Giva Peduli Cinta Ghouta dan Brebes, siswa beramai-ramai menunjukkan kemampuan dan bakat mereka di hadapan para guru, orang tua, maupun siswa lainnya.

Manajer Program SD Sekolah Alam Al Giva Desha Aestetika menjelaskan, pertunjukan tersebut dimaksudkan untuk menggalang dana bagi teman-teman di Ghouta dan Brebes yang saat ini membutuhkan pertolongan.

”Karena anak-anak kan kalau secara pribadi belum bisa memberikan uang, masih dari orang tua. Jadi, lewat penampilan lah mereka berusaha mengumpulkan dana,” kata Desha, Jumat (9/3) lalu.

Dalam kegiatan itu, mulai dari siswa TK hingga kelas 5 SD mempertunjukkan banyak penampilan, mulai dari nasyid, pantomim, hingga drama musikal. Setelah penampilan tersebut, siswa kelas 4 SD berkeliling membawa kotak infak kepada orang tua yang hadir untuk menyisihkan uang mereka.

Acara pun dilanjutkan dengan kegiatan Bussiness Day yang diisi siswa kelas TK A. Kebanyakan dari mereka menjual makanan dan minuman. Dengan suara lantang dan semangat, siswa-siswa tersebut menjual barang dagangannya kepada guru, orang tua siswa, dan siswa lainnya.

”Ini juga bagian dari penggalangan dana. Jadi, sebelum kegiatan, kami beritahukan kepada mereka bahwa keuntungan yang mereka dapat bisa untuk membantu teman yang kesusahan, dan modalnya dikembalikan kepada orang tua,” beber Desha.

Ia mengatakan, sekolahnya senantiasa memberikan pelajaran kepada siswanya untuk peduli terhadap sesama dan berusaha untuk mencapai yang mereka inginkan.

”Seperti saat ini, siswa yang ingin menyumbangkan dana bagi Ghouta dan Brebes, mereka harus berusaha sendiri.Kami tanamkan hal seperti itu agar ke depannya mereka lebih mandiri,” katanya.

Selanjutnya, kegiatan ditutup dengan penghitungan hasil penggalangan dana dan berhasil terkumpul sebesar Rp11.331.000.

”Dana tersebut kami akan salurkan melalui lembaga kemanusiaan ACT (Aksi Cepat Tanggap),” terang Desha.

Menurutnya dengan kegiatan ini tentunya dapat meningkatkan rasa peduli anak terhadap sesamanya.

”Dampaknya pun mulai terasa, misal jika ada teman yang sakit, mereka senantiasa menjenguk, dan dari usaha mereka di kegiatan ini pun bisa terlihat rasa peduli mereka,” tukasnya.(cr1/c)

Komentar Anda

Baca Juga