Beranda Pendidikan

Percontohan Sekolah Aman Bencana

BERBAGI
SIGAP: Reva Maulidia, siswa kelas V SDN Negeri 3 Babakan Dayeuh Cileungsi, saat belajar memadamkan kobaran api di sekolahnya, Sabtu (10/3).

CILEUNGSI-RADAR BOGOR, Reva Maulidia begitu cekatan saat mema­damkan api yang sedang berko­bar di sekolahnya. Siswa kelas V SDN Negeri 3 Babakan Dayeuh Ci­leungsi, Kabupaten Bogor, itu sedang menggelar simulasi penanggulangan bencana, Sabtu (10/3) pagi.

Kegiatan itu merupakan latihan sekolah siaga bencana (SSB) bekerja sama dengan PT Aspex Kumbong yang berlangsung di halaman SDN 3 Babakan Dayeu Cileungsi. Tujuannya, menggu­gah kesa­daran seluruh unsur, baik individu maupun kolektif, di sekolah dan lingkungan agar mema­hami dan siap mengha­dapi bencana yang bisa kapan saja terjadi.

Koordinator CSR PT Aspex Kumbong Komarinda Madini menjelaskan, kegiatan CSR di SDN Babakan 03 merupakan pilot project kegiatan CSR 2018 yang akan dilanjutkan ke se­kolah lainnya.

”Aspex Kumbong Goes to School yaitu sekolah siaga ben­cana sekaligus pemberian bantuan alat tulis serta penana­man 100 pohon dalam program Hutan Sekolah,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, tu­juan membangun sekolah siaga bencana ini untuk mem­bangun budaya siaga dan budaya aman di sekolah de­ngan mengem­bangkan jeja­ring bersama para pemangku kepentingan di bidang pena­nganan bencana. Sehingga meningkatkan ka­pa­sitas institusi sekolah dan in­di­vidu dalam mewujudkan tempat belajar yang lebih aman bagi siswa maupun guru.

”Me­nyebarluaskan dan me­ngem­bangkan pengetahuan keben­canaan ke masyarakat luas me­la­lui jalur pendidikan sekolah,” tambahnya.

Hal yang sama dikatakan Kepala Sekolah SDN 3 Babakan Esti Wahyu Mudjiastutik. Menu­rutnya, pihaknya sangat ter­bantu atas ilmu dan sumbangan yang diberikan dan semoga ini menjadi ber­manfaat.

”Khususnya tentang ke­sia­gaan bencana,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Dayeuh Jamhali menyambut baik kegaitan ini sebagai pengetahuan terkait kesigapan bencana sehingga bisa berkesi­nambungan bagi generasi muda.(nal/c)

Komentar Anda

Baca Juga