25 radar bogor

Bogor Tuan Rumah KTT Ulama Dunia

SILATURAHMI: Bupati Nurhayanti bersama Kapolres Bogor Andi M Dicky Pastika (dua kiri) dan Ketua MUI Kabupaten Bogor KH Mukri Aji (kanan) pada silaturahmi di kantor MUI kemarin (1/3).

BOGOR–RADAR BOGOR, Indonesia akan menjadi tuan rumah Konsultasi Tingkat Tinggi (KTT) Ulama dan Cendekiawan Muslim Dunia pada 1–3 Mei 2018 mendatang di Bogor. Untuk menyiapkan hajatan itu, Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antar Agama dan Peradaban (UKP-DKAAP) Din Syamsuddin berke­liling ke berbagai negara untuk mengundang tokoh dunia.

Kemarin (11/3) Din berkunjung ke Abu Dhabi Uni Emirat Arab untuk bertemu dengan Syaikh Dr Abdullah bin Bayah. Pertemuan tersebut dalam rangka me­­nyampaikan undangan  Presiden RI untuk menghadiri KTT yang diselenggarakan kantor UKP-DKAAP.

“Ini merupakan bagian dari upaya mempromosikan penga­laman Indonesia dalam mengem­bangkan Wasathiyat Islam ke dunia,” terang Din dalam keterangan resminya kepada Jawa Pos (Grup Radar Bogor). Event internasional itu akan dihadiri sekitar 50 ulama dan cendekiawan muslim dari berbagai dunia.

Saat bertemu dengan Abdullah bin Bayah, mantan ketua umum PP Muhammadiyah itu menjelaskan bahwa bangsa Indonesia, khususnya umat Islam sudah mengamalkan prinsip Islam yang wasathy atau moderat, baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun berbangsa dan bernegara.

”Sistem kenegaraan Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 mencerminkan nilai-nilai Islam yang wasatiyah,” imbuh dia.

Dalam pertemuan yang berlangsung akrab itu, Abdullah bin Bayah menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Presiden Indonesia atas undangan acara KTT Bogor. Syaikh bin Bayah juga memberikan apresiasi kepada umat Islam Indonesia yang dikenal selalu menampilkan Islam sebagai agama kasih sayang dan perdamaian.

“Umat Islam Indonesia dapat menjadi contoh bagi umat Islam dunia lainnya.

Syaikh bin Bayah merupakan ulama terkemuka dunia dan juga ketua Forum Promosi Perdamaian di Masyarakat Muslim yang berada di Abu Dhabi. Selain bertemu dengan Syaikh bin Bayah, UKP juga bertemu dengan Sekjen Majelis Hukama Muslimin Syaikh Dr Ali Rasyid An-Nu’aimy. Di tengah-tengah kepadatan acaranya, Syaikh Ali berjanji akan hadir ke Indonesia.

Sehari sebelumnya, pada Sabtu (10/3) lalu Din bersama rombongannya berkunjung ke Kairo, Mesir. Dia  bertemu Imam Besar Grand Syaikh Al-Azhar Prof. Dr. Ahmad Thoyyib. Ulama asal Sumbawa, NTB itu juga menyampaikan surat undangan untuk menghadiri KTT. Syaikh Thoyyib berjanji akan hadir.

Dengan kehadiran Grand Syaikh Al-Azhar dan Syaikh bin Bayah, KTT Bogor yang mengusung tema Wasathiyah Islam akan bermakna besar. Selain kedua tokoh itu, acara tersebut juga akan dihadiri ulama besar lainnya, yaitu Imam Masjidil Haram Syaikh Saleh bin Abdullah bin Hamid, Imam Masjidil Aqso Syaikh Muhammad Ahmad Husein, Mufti Lebanon Syaikh Dr Abdulatif Daryan, Cendekiawan Muslim Kanada Dr Jamal Badawi, Sekjen Konferensi Muslim Eropa Dr Muhammad Bechari dari Perancis, Sekjen Liga Dunia Islam Dr Muhammad Abdul Karim Al-’Isa, tokoh ulama Iran Syaikh Ayatullah Ali Taskhiri, Mufti Rusia Syaikh Ravil Ismagiloviich, Ketua Muslim Jepang Amin K. Tokomasu.(lum)