Beranda Olahraga

‘Si Badak’ Perlu Banyak Belajar

KALAH PENGALAMAN: Pelatih AC Milan Gennaro Gattuso memberikan komando kepada pasukannya saat menjamu Arsenal di babak 16 besar Liga Europa di San Siro, dini hari tadi.

MILAN–RADAR BOGOR, Pelatih AC Milan Gennaro Gattuso benar-benar kalah pengalaman dari Arsene Wenger. Buktinya, Milan dipaksa bertekuk lutut saat hadapi Arsenal di leg pertama babak 16 besar Liga Europa, Jumat (9/3) dini hari WIB.

Tampil di Stadion San Siro, Milan justru terlihat kebingungan. Hasil ini tentunya merusak catatan tidak terkalahkan yang sudah mereka bangun dalam 13 laga terakhir.

Milan sebenarnya tampil agregsif sejak awal pertandingan. Namun anehnya, tak ada tembakan mengarah ke gawang dari semua serangan yang mereka lancarkan ke lini pertahanan Arsenal. Sebaliknya, tim tamu justru lebih pandai dalam memanfaatkan setiap peluang. Hingga akhirnya Arsenal unggul lewat sepakan kaki kanan Henrikh Mkhitaryan.

Gol terjadi pada menit 15. Dari sisi kanan gawang, Mkhitaryan sukses menerima umpan pemberian Mesut Oezil. Bola yang ditendangnya sempat mengenai kaki Leonardo Bonucci sehingga mengecoh pergerakan kiper Milan, Gianluigi Donnarumma.

Setelah tertinggal, Milan coba meningkatkan alur serangannya. Namun koordinasi yang buruk membuat mereka gagal mengancam gawang Arsenal.

Di laga ini, tim tamu terlihat bermain lebih tenang. Strategi yang diterapkan Arsene Wenger terbukti sangat ampuh sebab mereka berhasil menambah keunggulannya sesaat sebelum turun minum. Berawal dari skema serangan balik, Aaron Ramsey sukses menyarangkan si kulit bundar. Sang pemain dapat meloloskan diri dari perangkap offside yang sudah dibuat pemain bertahan Milan.

Di awal babak kedua, Arsenal nyaris melebarkan keunggulan jadi 3-0. Danny Welbeck yang sudah berhadapan satu lawan satu dengan Donnarumma kesulitan mengontrol bola sehingga peluang emas itu terbuang dengan percuma.

Hingga laga usai, skor 2-0 tidak mengalami perubahan. Keuntungan tentunya memihak kubu Meriam London sebab leg kedua akan digelar di markas mereka pada pekan depan.

”Arsenal pantas memenangkan pertandingan. Sejak awal saya memang mengharapkan mereka bermain hebat seperti ini,” ucap Gattuso yang dikutip dari Soccerway.

”Kami miskin kreativitas di babak pertama. Para pemain tidak menunjukkan kualitasnya dan terlalu banyak kesalahan dari segi teknis. Kami sebenarnya bisa mencetak gol, tapi di satu sisi kami juga bisa kebobolan lebih banyak,” sesal pria berjuluk ‘Si Badak’ semasa aktif bermain.

Menanggapi itu, Arsene Wenger tak ingin anak didiknya terbuai kemenangan. Ia yakin jalannya leg kedua akan lebih sulit dari pertandingan di markas Milan.(bep/JPC)

Baca Juga