Beranda Berita Utama

PNS Tolak Skema Baru, Gaji Habis untuk Bayar Utang

BERBAGI
PNS di Kota Bogor sedang apel pagi (dok.Radar Bogor)

JAKARTA–RADAR BOGOR,Wacana dan kajian skema gaji PNS single salary yang dirilis KemenPAN-RB masih menuai kontroversi. Namun, rencana perubahan skema baru pembayaran tunjangan pensiun PNS dari berbasis pay as you go menjadi fully funded itu diprotes PNS.

Salah seorang pegawai eselon III Daniel menuturkan, hingga kini dirinya masih menerima skema penggajian yang sama setiap bulannya. Daniel menyebut, belum ada perubahan terkait gaji yang diterimanya.

Namun, baginya, jika nantinya skema gaji baru membuat pemasukannya berkurang 15 persen karena dipotong dana pensiun, dia menyebut jumlah pemotongan itu terbilang besar. Dia mengaku setiap bulan menerima gaji pokok sekitar lebih dari Rp3 juta.

“Perlu ada hitung-hitungannya dulu. Jumlah potongan 15 persen dari gaji kan lumayan besar ya. Kalau gaji pokok buat saya yang golongan III kan sekitar Rp3 juta. Yah lumayan berat kalau dipotong segitu,” katanya.

Sebab, skema itu memangkas gaji lebih besar 15 persen, dari semula 10 persen per bulan. Meskipun nyatanya dana pemotongan gaji bakal kembali lagi ke PNS dalam bentuk uang pensiun.

Komentar Anda

Baca Juga