Beranda Olahraga Kickers

Tak Lagi Angker

REUTERS
PERKASA: Pemain Basel melakukan selebrasi di hadapan pendukung Man City usai memenangi laga.

MANCHESTER–RADAR BOGOR, Setelah dalam 21 laga kandang di Stadion Etihad tak terkalahkan pada musim ini, Manchester City harus ternoda di depan pendukung sendiri, Kamis (8/3) dini hari WIB saat menjamu FC Basel.

Tim asuhan Josep Guardiola itu secara mengejutkan kalah 1-2 dari Basel pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2017-2018. Kekalahan tersebut seolah meruntuhkan keangkeran Stadion Etihad.

Dalam 21 laga sebelumnya pada musim ini di semua ajang, Man City tak tersentuh kekalahan. Itu termasuk tiga laga kandang di Liga Champions yang selalu diakhiri dengan kemenangan.

The Citizens -julukan Man City- akhirnya merasakan kekalahan di Etihad pada laga ke-22. Tak hanya itu, jika ditarik ke belakang, itu menjadi kekalahan pertama Man City di Etihad dalam semua ajang sejak Desember 2016 silam.

Sebenarnya Man City memulai laga dengan gemilang. Pertandingan baru berjalan 8 menit, penyerang asal Brasil, Gabriel Jesus, berhasil menjebol gawang Basel usai menerima umpan dari Bernardo Silva.

Hanya saja, Basel ternyata mampu tampil trengginas meski bermain di kandang lawan. Kalah 0-4 pada leg pertama tak membuat tim asuhan Raphael Wicky itu patah arang. Selang 9 menit kemudian, mereka mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Adalah Mohamed Elyounoussi yang membobol gawang Claudio Bravo pada menit 17 usai memanfaatkan umpan dari Blas Riveros. Dominan dalam penguasaan bola dan serangan tak membuat Man City mampu menambah gol pada babak pertama.

Skor 1-1 bertahan hingga kedua tim masuk ke ruang ganti. Pada babak kedua, kondisi tak berubah. Man City masih dominan dalam hal penguasaan bola dan serangan.

Namun, terlihat mereka minim memberikan ancaman ke gawang Basel. Justru Basel yang kerap mengancam lewat serangan balik. Kiamat kecil bagi Man City di Etihad pun terjadi pada menit 71.

Michael Lang berhasil membawa Basel unggul 2-1 lewat golnya usai memanfaatkan umpan Elyounoussi. Basel memimpin skor menjadi 2-1. Ternyata, itu menjadi gol terakhir pada laga di Etihad tersebut.

Basel secara mengejutkan berhasil meraih kemenangan atas tuan rumah Man City sekaligus menodai keangkeran Stadion Etihad. Toh, kekalahan itu tak menghalangi lolosnya Man City ke perempat final.

Keunggulan 4-0 di kandang Basel pada leg pertama adalah faktor kunci. Man City ke perempat final dengan unggul agregat 5-2.

Manajer Manchester City, Pep Guardiola tak menyangka timnya bisa kalah dari Basel, meski mereka tetap lolos ke babak perempat final. ”Di perempat final, situasi seperti ini tidak akan terjadi, untuk bermain game kedua dengan skor 4-0, ritme akan sangat berbeda,” katanya seperti dikutip BBC.

Sementara, Pelatih FC Basel Raphael Wicky menyebut sangat sulit menaklukkan City. “Manchester City adalah satu dari dua atau tiga tim teratas di dunia saat ini,” ucapnya.

“Tapi kita semua tahu Liga Champions adalah kompetisi yang bergantung pada permainan. Tapi dari segi kualitas dan momentum maka tim ini jelas satu. Dari dua atau tiga tim teratas,” imbuhnya.(jpg/dkw)

Baca Juga