Beranda Olahraga Kickers

Runtuh di Wembley

BUKA PELUANG: Pemain Juventus, Paulo Dybala melakukan selebrasi usai mencetak gol kedua bagi Juventus.

LONDON–RADAR BOGOR, Juventus meruntuhkan keangkuhan Tottenham Hotspurs melalui kemenangan 2-1 pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Stadion Wembley, Kamis (8/3) dini hari WIB. Hasil itu membawa Juventus lolos ke perempat final dengan keunggulan agregat 4-3.

Keberhasilan menahan imbang Juventus 2-2 di Turin pada leg pertama memang membuat Tottenham percaya diri bisa lolos. Apalagi, permainan mereka di kandang Juventus juga memesona.

Kala itu, tuan rumah tak hanya kalah penguasaan bola, tapi juga lebih sering ditekan. Ditambah lagi, pada duel kedua di London, Juventus juga banyak mendapat tekanan dari Spurs.

Bahkan, pada menit ke-39, gawang Gianluigi Buffon harus kebobolan setelah bola tembakan Son Heung-min menggetarkan jala tim tamu. Gol itu membuat Tottenham kian merasa superior hingga akhir babak pertama.

Ketinggalan agregat 2-3 membuat Juventus berada di bawah tekanan dalam menyambut babak kedua. Namun, semua bengubah seirinallegri, dalam pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, dalam melakukan pergantian pemain.

Masuknya Kwadwo Asamoah dan Stephan Lichtsteiner memberi warna baru kepada permainan I Bianconeri. Hasilnya, tim tamu menyamakan skor melalui gol sundulan Gonzalo Higuain ketika pertandingan memasuki menit ke-64.

Tiga menit berselang, Juven tus malah mampu berbalik unggul. Lolos dari jebakan offside usai menerima umpan matang Higuain, Paulo Dybala dengan leluasa menaklukkan gawang Tottenham kawalan Hugo Lloris.

Tertinggal 1-2 di kandang sendiri, Tottenham makin agresif menekan. Serangan bergelombang yang dilancarkan anak asuh Mauricio Pochettino pada sisa babak kedua.

Namun, solidnya pertahanan Juventus membuat skor tak berubah sampai laga tuntas. Juventus agregat 4-3. ke perempat final melalui keunggulan agregat 4-3.

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri buka-bukaan soal kunci kemenangan tim asuhannya. Ia mengungkapkan bahwa kesabaran menjadi faktor penting di pertandingan kali ini.

”Klub dan pemain pantas mendapat pujian atas kerja keras yang terus dilakukan dalam beberapa tahun terakhir. Ini kemenangan bergengsi karena didapat di Stadion Wembley. Kuncinya adalah sabar menunggu momen yang tepat,” ucap Allegri seperti dilansir Football Italia.

”Kami mengedepankan kesabaran dalam permainan. Para pemain memperlihatkan sesuatu yang mengesankan. Kami pantas lolos ke babak berikutnya,” ujar sang pelatih.

Juventus menyusul Real Madrid, Manchester City, dan Liverpool yang juga lolos ke babak perempat final. Mereka masih menunggu empat tim lagi yang akan memperebutkan tiket pada pekan depan.(jpg)

Baca Juga