Beranda Metropolis

Dialog Kebangsaaan Gunakan Teknologi Teleconference

BEKAL: Siswa-siswi SMK Wikrama mengikuti dialog kebangsaan yang menghadirkan Bima Arya sebagai narasumber.

BOGORRADAR BOGOR, Latihan dasar kepemimpinan di sekolah (LDKS) menjadi penting untuk dapat menumbuhkan motivasi siswa dalam berorganisasi. Terutama, dalam menumbuhkembangkan karakter siswa melalui nilai-nilai kepemimpinan. Karena itu, SMK Wikrama menyelipkan dialog kebangsaan dalam rangkaian LDKS yang dilaksanakan di lapangan sekolah, kemarin (8/3).

Menurut Kepala SMK Wikrama, Iin Mulyani, kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun dengan mendatangkan narasumber yang berbeda-beda di setiap dialog kebangsaan.

“Kali ini kami mengundang Pak Bima Arya sebagai narasumber utama, yang kita ketahui bersama pernah memimpin Kota Bogor dengan baik dan sekaligus ketua umum Dewan Harian Cabang (DHC) 45,” bebernya.

Ia menambahkan, kegiatan LDKS diikuti seluruh siswa kelas 10. Alasannya, karena siswa kelas 10 ke depan akan menggantikan kakak-kakak kelasnya dalam organisasi di sekolah maupun yang lainnya. “Sehingga diharapkan organisasi dan manajemen yang ada di sekolah mampu berjalan lebih baik lagi setiap tahun,” kata Iin.

Selain itu, ia mengatakan, melalui kegiatan LDKS ini mampu membentuk pribadi yang mencerminkan kesantunan.

“Serta karakter baik yang menunjukkan pemuda Bangsa Indonesia, khas dengan budaya ketimurannya,” tuturnya.

Iin menjelaskan, pihaknya menggunakan teknologi teleconference sehingga dialog kebangsaan tidak hanya bisa disaksikan langsung para siswa di SMK Wikrama.

“Siswa di sekolah lain, bahkan hingga Banten dan Jepara bisa menyaksikan kegiatan kami,” kata Iin.

Dengan begitu, Iin berharap, kegiatan ini bisa menjadi wadah untuk mendapatkan ilmu dan belajar dari pengalaman seseorang yang sukses menjadi pemimpin.

“Karena bangsa ini membutuhkan generasi penerus, dan ke depan generasi produktif akan sangat tinggi. Melalui pemaparan narasumber ini diharapkan dapat menjadi bekal agar siap berkarya di masa mendatang,” bebernya.(cr1/c)

Baca Juga