Beranda Berita Utama

400 Kampus Selenggarakan Kuliah Daring

Ilustrasi kuliah daring

BOGOR-RADAR BOGOR, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mulai gencar menerapkan pendidikan jarak jauh (PJJ) berbasis online. Tidak tanggung-tanggung, Kemenristekdikti bakal mendampingi 400 kampus untuk menyelenggarakan PJJ.

Menristekdikti Mohamad Nasir menjelaskan, upaya memperbanyak kampus penyelenggara PJJ merupakan bagian dari respons perkembangan industri 4.0. Dia menjelaskan, di era industri 4.0 proses pembelajaran tidak perlu selalu dilakukan dengan cara tatap muka.

Dia mengatakan, Kemenristekdikti menunjuk Universitas Terbuka (UT) sebagai pusat pengembangan PJJ. Sehingga, kampus-kampus lain nantinya diharapkan bisa bekerja sama dengan UT untuk implementasi PJJ.

Selain UT, Nasir mengatakan, kampus lain yang sudah lama menyelenggarakan PJJ adalah Binus, PENS Surabaya, dan Amikom Jogjakarta. Nasir mengatakan, target utama pemerintah untuk memperbanyak penyelenggaraan kuliah jarak jauh berbasis online adalah untuk menambah angka partisipasi kasar (APK).

Meskipun PJJ berbasis online bakal diperbanyak, dia mengatakan tetap menjaga kualitas. Untuk itu, Kemenristekdikti akan membuat semacam cyber university yang tugasnya menjaga kualitas (quality insurance) materi-materi yang diajarkan pada program PJJ.Baca selengkapnya di Epaper Radar Bogor hari ini(wan)

Baca Juga