25 radar bogor

Preview AC Milan vs Arsenal: Lanjutan Ambisi si Badak

MILAN –RADAR BOGOR,Bila melihat tren pertan­dingan terakhir AC Milan dan Arsenal, maka bentrokan kedua­nya di leg pertama 16 besar Liga Europa dini hari nanti sudah pasti milik Rosso­neri.

Bagaimana tidak. Milan di bawah polesan Gennaro Gattuso tidak terkalahkan di 13 laga terakhir mereka. Sedangkan The Gunners kalah beruntun di 4 matchweek Premier League terakhir mereka. Padahal, di awal musim saat dibesut Vincenzo Montella, Milan sama sekali tidak menunjukkan karakter tim yang dibangun dengan dana sekitar Rp3 triliun.

Apalagi, kondisi fisik Leonardo Bonucci dkk membaik lantaran mendapat tambahan jatah waktu untuk recovery. Itu setelah Derby della Madonnina yang sejatinya digeber Senin dini hari (5/3) harus ditunda karena kematian kapten Fiorentina Davide Astori.

”Kami harus tetap seperti ini (membumi, red). Meski berpenampilan lusuh, kami selalu haus kemenangan. itu yang terpenting,’’ kata Rino seperti dilansir Football Italia.

Pernyataan pelatih 40 tahun itu merujuk kepada karier kepelatihannya yang masih sangat hijau dibanding tactician Arsenal Arsene Wenger. Dia juga belum teruji di ajang Eropa musim ini dengan hanya memimpin Milan di tiga pertandingan dengan dua kemenangan dan satu kalah.

Lolosnya Rossoneri ke 16 besar Liga Europa juga dipandang biasa. Sebab, lawan yang dihadapi sejak kualifikasi hingga 32 besar memang bukan tandingan rival sekota Inter Milan itu. Bisa dibilang, The Gunners adalah tes sebenarnya bagi Milan dan Gattuso.

Apalagi, saat masih menjadi pemain Milan musim sejak 1999-2000, Gattuso juga inferior setiap kali bersua tim Inggris. Dari 19 pertandingan, Milan yang diperkuat Gattuso hanya mengecap lima kemenangan.

Hanya saja, hal tersebut bisa berbeda kali ini. Bukan hanya diukur dari performa beberapa pertandingan terakhir. Melainkan mental pemain Milan yang menanjak dengan suntikan spirit dari Gattuso yang memang memiliki DNA Eropa dengan memenangi 2 gelar Liga Champions bersama Milan.

Jangan lupakan Milan yang sudah memastikan tiket final Coppa Italia. Singkatnya, misi Gattuso mengembalikan taji Milan di ajang domestik sudah hampir berhasil.

”Sudah harus menghadapi tim sekelas Arsenal di 16 besar mem­buat kami tertantang,’’ ujar gelan­dang serbabisa Milan Giacomo Bonaventura. ”Akan ada dua pertandingan yang menentukan nasib kami. Juga, kami harus membuktikan sekali lagi bahwa kami sudah lebih baik secara tim sekarang,’’ lanjut Jack.

Memang, angin untuk pertandingan yang dihelat di San Siro dini hari nanti memihak tuan rumah. Kondisi Arsenal yang compang-camping imbas empat kekalahan beruntun pasti memiliki efek ke psikis pemain. (io)