Beranda Metropolis

Izin Bus Uncal Nyangkut di Pusat

MASIH NGANGGUR: Bus wisata Uncal hingga kini masih belum bisa dioperasikan karena terganjal izin.

BOGORRADAR BOGOR, Harapan warga Kota Bogor untuk menaiki Bus Unforgettable City tour At Lovable City alias Bus Uncal, yang direncanakan beroperasi tahun ini kembali tertunda.

Pasalnya, surat izin atau sertifikasi registrasi uji tipe (SRUT) dari Kementerian Perhubungan belum keluar hingga saat ini. Padahal sudah satu tahun, sejak Bus Uncal diluncurkan awal Januari 2017 lalu.

Kasi Angkutan Tidak Dalam Trayek dari Dinas Perhubungan Kota Bogor, RA Mulyadi mengatakan, hal itu dikarenakan surat proses berita acara pemberitaan (BAP) yang dikeluarkan Kemenhub melalui surat Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Balai Pengelolaan Transportasi Darat Wilayah IX Bandung Jawa Barat belum ada. Surat BAP tersebut, nantinya untuk membuat surat SRUT.

“Oleh karena itu, sekarang Bus Uncal tersebut berada di kementerian,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Namun, lanjut Mulyadi, dirinya tidak bisa memastikan kapan surat SRUT dari Kemenhub akan keluar. “Tapi yang jelas, Bus Uncal akan beroperasi tahun ini,” ucapnya. Ia menambahkan, ada beberapa perubahan saat Bus Uncal beroperasi.

Menurutnya, Bus Uncal akan dipotong di bagian belakang.

“Karena bagian belakang terlalu panjang, jadi harus dipotong sekitar 10 cm,” tambahnya. Setelah itu, lanjut Mulyadi, pintu samping akan dipindahkan ke bagian depan. “Sementara untuk konsep masih sama seperti yang dulu, hanya desain belakang yang berubah,” katanya.

Pada saat peluncuran Januari 2017 lalu, Wali Kota Bima Arya yang saat ini menjalani cuti pilkada mengatakan, tujuan dari pengoperasian Bus Uncal adalah bagian dari penataan transportasi di Kota Bogor dan mengurangi kemacetan, dengan mengubah pola pikir masyarakat dalam mengguna­kan kendaraan pribadi.

“Adanya bus wisata ini, kami ingin mengubah pemikiran masyarakat untuk tidak lagi menggunakan kendaraan pribadi, tapi mendorong transportasi publik,” katanya.

Pihaknya akan menempatkan bus wisata ini di beberapa titik untuk diberangkatkan ke beberapa destinasi wisata di Kota Bogor,” tutupnya.(ran/c)

Baca Juga