Beranda Olahraga Kickers

Fiorentina Pensiunkan Nomor 13

BERBAGI
IST
DIPENSIUNKAN: Devide Astori semasa hidupnya tetap menggunakan nomor punggung 13.

ITALIA–RADAR BOGOR, Awan duka masih menyelimuti sepak bola Italia. Kapten Fiorentina, Davide Astori meninggal dunia pada Minggu (4/3) lalu diduga serangan jantung. Kabar ini tentunya mengejutkan banyak pihak.

Sebagai bentuk ungkapan duka, Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) menunda tujuh pertandingan Serie A yang sedianya akan digelar pada akhir pekan kemarin. Fiorentina sendiri punya cara lain untuk memberi penghormatan pada pemainnya.

Mereka memutuskan untuk tidak menggunakan lagi nomor punggung 13 yang sebelumnya dikenakan oleh Astori. Hal serupa juga berlaku di Cagliari. Klub yang pernah dibela sang pemain dari 2008-2014 itu ikut mempensiunkan nomor punggung 13.

”Untuk menghormati memori tentang Davide Astori, maka 90’+4’ Fiorentina dan Cagliari sama-sama memutuskan untuk menghapus jersey nomor punggung 13,” bunyi pernyataan resmi kedua klub.

Di sisi lain, sebelum ditemukan meninggal dunia, Astori berencana menandatangani kontrak barunya bersama La Viola pada pekan lalu. Namun, karena kondisi cuaca yang bersalju tebal membuat rencana itu diundur ke Senin (5/3).

Rencana ini pun tak bisa terwujud karena Astori keburu meninggal dunia. Rencana ini diungkap Presiden Fiorentina, Andrea Della Valle, tak lama dari kepergian Astori. Rencana awal, sebuah kontrak baru berdurasi 4 tahun akan ditandatangani oleh kedua belah pihak pada Senin (5/3).

”Dia (Astori) sudah bergabung dengan kami selama empat tahun dan dia sudah sepakat untuk memperpanjang kontraknya pada Senin kemarin. Sebenarnya dia akan menandatangani kontrak lebih awal. Namun, karena salju yang tebal, kami kemudian setuju untuk melakukannya pada hari Senin,” ungkap Della Valle.

Setelah melakukan pertemuan, Presiden Komite Olimpiade Italia, Giovanni Malago mengkonfirmasi jika Fiorentina akan memberi penghormatan terakhir bagi sang kapten.

Penghormatan itu berupa tetap memperpanjang kontrak Astori sesuai kesepakatan awal. Dalam kontrak baru tersebut, Astori bakal mendapat gaji sekitar Rp21,9 miliar per tahun. Kini semua gaji Astori akan menjadi hak bagi istri dan anak perempuannya yang baru berumur 2 tahun.(jpg/dkw)

Baca Juga