25 radar bogor

Desa Terisolasi Butuh Sentuhan

(dok/ Nelvi/ Radar Bogor) TERBENGKALAI: Salah satu akses yang akan dijadikan Jalur Puncak 2, Kecamatan Sukamakmur.

SUKAMAKMUR–RADAR BOGOR,Menjadi Kabupaten Bogor termaju, tampaknya, masih jauh dari harapan. Terbukti dengan masih banyaknya desa terisolasi, salah satunya Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur. Padahal, potensi desa itu sangat luar biasa.

“Hingga saat ini akses desa-desa di wilayah Kecamatan Sukamakmur masih ada yang belum dapat dijangkau melalui jalur darat. Ini akan terus kami upayakan untuk dapat direali­sasikan di tahun-tahun men­datang,” ujar Camat Sukamak­mur Zaenal Ashari.

Menurut dia, potensi Desa Sukawangi menjadi destinasi wisata baru patut diperhitung­kan. Sebab, selain memiliki kekayaan alam yang melimpah, wilayah ini juga sangat cocok untuk pertanian. Sehingga cocok menjadi agrowisata.

”Jadi, mesti dikembangkan lagi. Apalagi banyak petani yang bercocok tanam di sana,” tegasnya.
Karena itu, langkah awal yang akan dilakukannya adalah dengan membangun akses jalan. Ini salah satu cara untuk memperlancar perekonomian serta penyebaran pembangunan ke seluruh wilayah di Kecamatan Sukamakmur.

Sehingga dengan jalan darat yang baik, akan mempermudah masyarakat untuk hilir mudik ke kota guna kepentingan apa pun. “Jalan darat adalah akses utama untuk meningkatkan perekonomian. Jalan dari kecamatan ke kota tentu menjadi perhatian kami, untuk selalu ditingkatkan kualitasnya walaupun secara bertahap,” terang Zaenal.(all/*)