Beranda Ekonomi

Bidik Dana Rp1 Triliun

BERBAGI
RAMAH: BRI Syariah terus berkembang dalam berbagai bidang.

JAKARTA–RADAR BOGOR, BRI Syariah berencana mencatatkan sahamnya di lantai Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui penawaran saham perdana (initial public offering/IPO) dengan melepas 30 persen dari total saham perusahaan.

Anak usaha PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) tersebut telah melakukan mini expose di Gedung BEI, SCBD, Jakarta, hari ini, Senin (5/2).

Perseroan membidik dana segar sebesar Rp1 triliun dari IPO tersebut. Direktur Utama BRI Syariah Hadi Santoso menyampaikan, IPO tersebut sejalan dengan rencana manajemen untuk mengerek ke Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU) III.

“Intinya, rencana IPO ini untuk naik ke BUKU III dan mendukung rencana ekspansi kredit,” ujarnya.

Untuk meraih pernyataan pra efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pihaknya telah menyusun prospektus berdasarkan laporan keuangan 2017 dan modal inti tertera sebesar Rp2,4 triliun.

“Modal inti kami per akhir Desember 2017 Rp2,4 triliun,” imbuhnya.

Agar dapat menjadi bank BUKU III sebesar Rp5 triliun, induk usaha BRI akan menambah modal sebesar Rp1 triliun dan diharapkan kekurangannya berasal dari IPO.

“Ya, untuk masuk buku III dari IPO sekitar Rp1 triliun dan dari induk kami (BBRI ) Rp1 triliun,” papar Hadi.

Hadi menambahkan, untuk menyukseskan langkap IPO, perseroan mengamanatkan PT Bahana Sekuritas, PT Danareksa Sekuritas, PT CSLA Sekuritas Indonesia dan PT Indo Primier Sekuritas sebagai penjamin pelaksana efek (underwriter). (jp)

Baca Juga