Beranda Metropolis

Berkenalan dengan Klub Himagron

BERBAGI
TINGKATKAN KAPASITAS: Mahasiswa yang tergabung dalam klub Himagron saat belajar bercocok tanam bersama.

BOGOR-RADAR BOGOR, Kegiatan bercocok tanam menjadi hal biasa bagi Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB). Sebagai departemen yang mendalami teknik budidaya tanaman, tidak heran jika ladang dan sawah menjadi tempat yang paling sering dikunjungi setiap pagi untuk praktikum.

Kendati sudah biasa, ternyata untuk menguasai teknik bercocok tanam tidak cukup melalui praktikum saja. Himpunan Mahasiswa Agronomi dan Hortikultura (Himagron) IPB berupaya mengembangkan minat dan bakat mahasiswa terhadap budidaya tanaman dengan membentuk beberapa klub tanaman.

Ketua Klub Sayur, Afdal Yusra, yang juga mahasiswa Agronomi dan Hortikultura, menerangkan bahwa klub ini bertujuan meningkatkan kapasitas mahasiswa Agronomi dan Hortikultura dari segi keprofesian. Klub Himagron berada di bawah naungan Departemen Agroimplement, Himagron.

“Jadi, klub tanaman ini semacam klub mandiri yang bekerja di bawah pantauan Himagron. Seluruh rencana kegiatan dan anggaran didiskusikan perangkat klub yang terdiri atas ketua klub, sekretaris, bendahara, anggota tetap, dan volunter. Sedangkan anggaran kegiatan klub ini disuplai penuh dari Himagron,” jelasnya.

Klub Himagron ini terbagi menjadi Klub Tanaman Sayur, Buah, Hias, Obat dan Aromatik, serta Perkebunan.

“Setiap klub memiliki struktur masing-masing. Untuk kegiatan, setiap minggu insyaallah selalu ada kegiatan. Baik itu di lapangan, laboratorium, kunjungan, maupun sekadar diskusi dalam ruangan. Klub Tanaman Sayur, Buah, serta Obat dan Aromatik terpusat kegiatannya di Kebun Percobaan Cikabayan IPB,” terangnya.

Kegiatan Klub Tanaman Hias berlokasi di Rumah Anggrek Leuwikopo, sedangkan Klub Tanaman Perkebunan melakukan kegiatan di Kebun Percobaan Cikabayan Atas.

“Kami berharap dengan adanya klub ini dapat menjadi wadah peningkatan kapasitas keprofesian civitas AGH. Karena selain sebagai tempat belajar, kami juga ingin klub ini dapat menghasilkan pemuda yang memiliki jiwa wirausaha yang tinggi dan dapat tersalurkannya potensi mereka di klub ini,” tutupnya.(*/c)

Komentar Anda

Baca Juga