25 radar bogor

Bangun Enam Terminal Mini

MINIM ANGKUTAN UMUM: Warga Kecamatan Sukamakmur mengandalkan mobil bak terbuka untuk mengangkut hasil tani. Mengatasi itu, Dishub berencana membangun terminal mini.

SUKAMAKMUR–RADAR BOGOR,Pengambilalihan pengelolaan terminal tipe B oleh pemerintah provinsi, membuat Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor melakukan ekspansi dengan menyasar pedesaan. Rencananya, Dishub akan membangun beberapa terminal mini di pedesaan.

“Untuk pilot project ada enam lokasi di Kabupaten Bogor. Salah satunya di wilayah timur, seperti Sukamakmur dan Cileungsi,” ujar Kabid Angkutan dan Terminal Dishub Kabupaten Bogor Dudi Rukmayadi.

Keberadaan terminal mini, kata Dudi, akan mengakomodir angkutan umum yang masuk ke pedesaan. Itu juga sejalan dengan program pemerintah yang mulai membangun dari wilayah. Hal ini juga akan memaksimalkan potensi pedesaan di Kabupaten Bogor.

“Adanya terminal mini juga dapat menyejahterakan masyarakat pedesaan. Mengingat, saat ini moda transportasi masyarakat pedesaan masih terbatas,” bebernya.

Dia mengambil contoh, dengan adanya terminal mini, maka moda transportasi di pedesaan akan hidup dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Sebab, saat ini hasil pertanian warga masih dikuasai tengkulak karena tidak adanya transportasi.

“Dengan adanya transportasi, tentu petani desa bisa menjual hasil panen mereka sendiri,” imbuhnya.

Hal itu pun disambut baik warga pelosok timur Kabupaten Bogor. Rohim (56) warga RT 01/02, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, berharap agar program tersebut bisa direalisasikan. “Di sini memang masih terkendala oleh minimnya moda transportasi. Baik itu transportasi penumpang atau barang,” ujarnya.(all/c)