Beranda Olahraga Kickers

Tak Tergantikan

BERBAGI

LIVERPOOL–RADAR BOGOR, Dalam lima laga terakhir Liverpool di Premier League, Loris Karius selalu menjadi pilihan Jurgen Klopp di bawah mistar. Kiper berusia 24 tahun itu makin membuat posisi Simon Mignolet terpinggirkan.

Karius mampu menjawab kepercayaan sang pelatih. Kiper asal Jerman ini berhasil membukukan clean sheets kelimanya dalam sepuluh laga di Premier League.

Sementara, di semua ajang kompetisi, dari 18 kali main, Karius mencatat sembilan kali tak kebobolan. Kepada Daily Mail, Klopp mengatakan, performa mantan kiper Mainz 05 itu kian membaik. Meski pada paro pertama musim di Premier League, Karius hanya bermain dua kali.

“Dia luar biasa, kiper dengan skill bagus. Dia mengawali musim ini tidak dalam kondisi yang bagus. Namun dalam kadang-kadang seperti itulah kehidupan,” papar Klopp. “Dia membutuhkan waktu dan latihan,” tambah pelatih 50 tahun tersebut.

Aksi terbaik Karius terjadi pada injury time babak pertama. Sebuah tembakan gelandang Newcastle United Mohamed Diame ditepis Karius dengan satu tangan.

“Malah bagus bagi Newcastle melakukan tembakan seperti itu. Sebab, jika Newcastle tak melakukannya, tak seorang pun akan membicarakan kemampuan kiper kami,” tutur Klopp.

Di mata Klopp, seandainya tendangan Diame tersebut gagal dihentikan oleh Karius, maka akhir seluruh pertandingan bakal berbeda. Karena itulah, Klopp menyebut penyelamatan itu sama pentingnya dengan gol yang dicetak Mohamed Salah maupun Sadio Mane.

“Jika dia bukan kiper yang bagus, maka saya akan menjadi salah satu idiot terbesar di dunia karena menaruhnya dalam barisan starting XI,” ujar Klopp.

Gelandang Alex Oxlade-Chamberlain kepada BT Sports sepakat kalau clean sheets yang dilakukan Karius sangatlah penting. Sebab, di antara tim empat besar Premier League, timnya punya rekor kebobolan paling buruk dengan 32 gol.(dra/bas)

Komentar Anda

Baca Juga