Beranda Metropolis

Plt Wali Kota Ngebet Open Bidding

BERBAGI
Plt Wali Kota Bogor Usmar Hariman

BOGORRADAR BOGOR, Tiga Kursi Eselon II Kosong. Memasuki 2018, berdasarkan data Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Aparatur (BKPSDA) Kota Bogor, akan ada delapan pejabat eselon II yang pensiun.

Hingga kini,  baru ada tiga pejabat yang pensiun. Namun, Plt Wali Kota Bogor, Usmar Hariman, ingin lelang jabatan atau open bidding segera dilakukan bulan ini.

Beberapa pejabat eselon II yang pensiun, antara lain, Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat (Ekbang Kesra) Edgar Suratman, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Daud Nedo, serta Kepala Dinas Ketahanan Pangan Subur Herdiman.

Kini, Usmar sudah menunjuk masing-masing Plt dari mereka yang pensiun, yaitu sekretaris dari organisasi perangkat daerah (OPD) yang kursi kepalanya kosong. Tapi, menurutnya, pemberlakuan Plt itu kurang optimal, sehingga ia meminta Sekretaris Daerah (Sekda) Ade Sarip Hidayat untuk open bidding bulan ini.

“Mau open bidding di Mei, memang saya tidak setuju sekretaris menjadi Plt. Tapi harus dicari eselon II yang mempunyai kapabilitas,” ucapnya di Balaikota Bogor, kemarin (6/3).

Meski pada April mendatang akan ada pejabat eselon II yang kembali pensiun, Usmar keukeuh agar Pemkot Bogor segera melakukan open bidding pada pertengahan Maret.

“Kita akan open bidding, kita akan kaji pertengahan Maret ini. Saya sudah bilang ke Pak Sekda untuk mempersiapkan open bidding. April kan ada lagi yang pensiun, nanti open bidding lagi,” kata Usmar.

GRAFIS : ALFI/RADAR BOGOR

Terpisah, Kepala BKPSDA Kota Bogor, Fetty Qondarsyah mengatakan bahwa pihaknya berniat melakukan open bidding pada Mei mendatang. Sengaja dilakukan di pertengahan tahun, karena akan ada satu lagi pejabat eselon II yang pensiun.

“Jadi, empat kursi yang akan diopen-biddingkan,” ujarnya ditemui di kantornya, kemarin.

Dengan demikian, kata dia, tahun ini Pemkot Bogor melakukan dua kali open bidding dengan masing-masing empat kursi kepala OPD. Pasalnya, untuk melakukan open bidding bukan hal mudah, melainkan harus atas persetujuan Kemendagri serta Pemprov Jawa Barat.

Kini beberapa pejabat yang mengisi kekosongan kursi sementara, antara lain, An’an Andri Hikmat sebagai Plt Kepala Bapenda, Muhamad Gozali menjadi Plt Kepala Dinas Keta­hanan Pangan, kemudian Plt Asisten Ekbang Kesra, Iman.(fik/c)

Komentar Anda

Baca Juga