Beranda Olahraga Kickers

Guardiola Gunakan Simbol ISIS

BERBAGI
PEP GUARDIOLA

LONDON–RADAR BOGOR, Federasi sepak bola Inggris atau FA mulai mempersoalkan pemakaian pita kuning yang dilakukan manajer Manchester City, Pep Guardiola dalam beberapa pekan terakhir.

Menurut FA, pita kuning yang kerap disematkan Guardiola di pakaiannya jelas merupakan simbol politik sehingga tak diperbolehkan dalam sepak bola.

Bahkan, komentar pedas datang dari Chief Executive FA, Martin Glenn yang membandingkan pita kuning Guardiola itu dengan pin yang menunjukkan kesetiaan kepada ISIS.

“Kami telah menulis ulang undang-undang ke-4 dari permainan sehingga hal-hal seperti poppy tidak apa-apa. Tapi hal-hal yang akan menjadi sangat memecah belah tidak diperbolehkan,” kata Glenn seperti dilansir Goal international.

“Bisa jadi itu simbol religius yang kuat, bisa jadi Bintang Daud, bisa jadi itu adalah palu dan arit, bisa jadi swastika, seperti baju Robert Mugabe di baju Anda, itu adalah barang yang tidak kami inginkan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta Guardiola menyudahi ‘ulahnya’ tersebut. “Dan sejujurnya, dan sangat jelas, pita kuning Pep Guardiola adalah simbol politik, itu adalah simbol kemerdekaan Catalan,” tegasnya.

Pep Guardiola dalam beberapa hari terakhir ini mengenakan pita kuning sebagai simbol protes terhadap penangkapan aktivis pro kemerdekaan Catalunya dari Spanyol.

Para aktivis tersebut ditahan karena diduga kuat menjadi inisiator referendum kemerdekaan Catalunya yang berakhir rusuh beberapa waktu lalu.(ps)

Komentar Anda