Beranda Pendidikan

Gali Potensi Siswa lewat Coaching

BERBAGI
KOMPAK: Coacher community service Loop Institute of Coaching berfoto bersama di SMKN 1 Kemang, Jumat (2/3) lalu.

BOGOR-RADAR BOGOR, Sebanyak 24 orang coacher dari community service Lo­op Institute of Coaching mendatangi SMKN 1 Kemang, Jumat (2/3) lalu. Perusahaan yang bergerak di bidang pengem­bangan sumber daya ma­nusia dan organisasi itu terjun langsung ke dunia pendi­dikan untuk menggali potensi siswa maupun guru di sekolah yang mereka datangi.

Kepala SMKN 1 Kemang, Meis­ye Sedali, sangat menga­presiasi niatan baik dari Loop Institute of Coaching yang telah memberikan bimbingan yang sangat bermanfaat. Menurut­nya, kedatangan mereka sangat memberikan manfaat yang baik bagi siswa maupun guru di SMKN 1 Kemang.

“Karena dalam coaching ini siswa dibimbing untuk dapat meningkatkan soft skill juga kepercayaan diri, sedangkan guru dapat mengetahui cara mendidik siswa dengan efektif dan tepat,” bebernya.

Terlebih lagi, Meisye menga­takan, coacher yang hadir me­ru­pakan orang-orang profe­sional yang sudah tersertifikasi interna­sional.

“Sehingga saya berharap Loop Institute of Coac­hing ini bisa memberikan bimbingan secara rutin, agar insan di SMKN 1 Kemang dapat terus ber­kembang,” ujarnya. Terlebih, Loop Institute of Coaching akan memberikan bimbingan setiap dua bulan sekali.

Sementara itu, Ketua Penye­lenggara Community Service Loop Institute of Coaching, Ange­lin Muliadi menegaskan, kegiatan ini tidak berbayar dan bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat Indonesia menge­nai budaya coaching.

“Karena di Indonesia ini masih banyak yang belum mengetahui definisi dari coaching, tanpa kita sadari sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari bahkan dunia kerja, terlebih para pengajar,” bebernya.

Angelin mengatakan, coaching adalah kemitraan yang sejajar sehingga tidak ada yang lebih tinggi ataupun lebih rendah.

“Sebagai coacher harus mampu membimbing seseorang untuk dapat menggali potensi diri sendiri, menggali isu, dan memandang masalah dari berbagai sisi dalam mencari solusi,” tukasnya.(cr1/c)

 

Komentar Anda

Baca Juga